Prodi HI FPSB UII Gelar Evaluasi dan Diseminasi PKKM 2021

Prodi Studi Hubungan Internasional (PSHI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII)  menggelar Evaluasi dan Diseminasi Progam Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Sabtu, 20 November 2021. Dalam sambutannya, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog menegaskan bahwa kegiatan evaluasi yang dilakukan lebih dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana dampak kegiatan tersebut memberi nilai tambah pada peserta (mahasiswa). Read more

Tata Laksana Penyelenggaraan Perkuliahan Tatap Muka Terbatas

Update Schedule Dummy Blended Learning Pertemuan ke-9, 10 dan 11 pada tanggal 23, 24, 25, 29, 30 November 2021 dan 1, 2, 6 Desember 2021

TATA LAKSANA PERKULIAHAN TATAP MUKA TERBATAS FAKULTAS PSIKOLOGI DAN ILMU SOSIAL BUDAYA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA 2021

A. Persiapan
1. Mahasiswa mengisi google form* untuk mendaftar perkuliahan tatap muka terbatas yang akan diberlakukan sejak tanggal 18 November 2021 hingga sampai H-1 pertemuan pertama “dummy blended learning” bagi peserta atau sampai terpenuhi kuota, bersamaan dengan test antigen negatif dan surat izin ortu.
2. Dosen pengampu mata kuliah menyeleksi mahasiswa yang akan diikutkan tatap muka terbatas dengan menimbang bahwa mahasiswa tersebut sudah vaksin dosis 1 dan 2 (mengunggah bukti vaksin dari aplikasi Peduli Lindungi) atau telah berada di Yogyakarta minimal 2 minggu (ditunjukkan dengan bukti check -in dari aplikasi Peduli Lindungi atau menunjukkan surat pernyataan dari pemilik kos diketahui ketua RT bahwa mahasiswa yang bersangkutan telah sampai di Yogyakarta sejak 2 minggu sebelum perkuliahan tatap muka terbatas).
3. Kuota yang tersedia untuk tatap muka terbatas adalah maksimal 25 orang.
4. Mahasiswa diharap hadir in time, dan menggunakan masker.

B. Kedatangan
1. Mahasiswa mencuci tangan terlebih dahulu di portable wastafel yang telah disediakan di pintu selatan fakultas.
2. Mahasiswa melakukan pengecekan suhu secara mandiri dan masuk menuju ruang kuliah lt. 3 melalui tangga bagian selatan.
3. Mahasiswa menunjukkan sertifikat vaksin dari Peduli Lindungi kepada satpam yang berjaga di pintu selatan fakultas.
4. Mahasiswa langsung menuju ke ruang 3.06 untuk perkuliahan.
5. Mahasiswa/dosen mengisi presensi kedatangan.

C. Pembelajaran di Kelas
1. Mahasiswa mengikuti pembelajaran dengan menerapkan protokol Kesehatan.
2. Mahasiswa duduk sesuai dengan susunan kursi yang telah disediakan oleh fakultas.
3. Durasi kuliah tatap muka adalah 90 menit.

D. Kepulangan
1. Mahasiswa mengisi presensi pulang.
2. Mahasiswa mencuci tangan dan turun menuju lt. 1 melalui tangga tengah serta berkomitmen untuk segera pulang menuju tempat tinggal masing-masing.

* = 1. link untuk pendaftaran perkuliahan tatap muka terbatas
https://bit.ly/kuliahluringfpsb
2. link untuk reimbers antigen http://bit.ly/formreimbersantigen

#uiiyogyakarta

When you feel tired of this life: Self-Help

OLeh : Dr. Ista Maharsi, S.S., M.Hum—-

Not one person in this world has never experienced difficulties in life and in one moment throughout our life we may be in the lowest and the worst condition that we have never imagined. Everyone is indeed tested by Allah in so many forms of both happiness and sadness, shortage and abundance as mentioned in the Qur’an Surah Al Baqarah Verse 155-157.

 

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

 

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

 

أُولَٰئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

 

We will certainly test you with some fear and hunger, and some loss of possessions and lives and crops. But give good news to the steadfast (Al Baqarah: 155)

Those who, when a calamity afflicts them, say, “To God we belong, and to Him we will return.” (Al Baqarah: 156)

Upon these are blessings and mercy from their Lord. These are the guided ones (Al Baqarah: 157)

The verse reminds us that anyone, whoever he/she is, even the Prophets are tested by Allah SWT. Such tests indicate how Allah pay attention and want us to be stronger and sustaining in this life. When we can get through all the difficulties and hurdles, Allah will give us good news because we have been patient and resilient in facing all the tests. The good news is given as blessings and mercy from Allah SWT. However, some people may think that the tests are too difficult for them, too hard to handle. This kind of assumption is misleading as Allah SWT tests people because they can bear them. This is mentioned in the Qur’an Al Baqarah: 286).

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

God does not burden any soul beyond its capacity. To its credit is what it earns, and against it is what it commits. “Our Lord, do not condemn us if we forget or make a mistake. Our Lord, do not burden us as You have burdened those before us. Our Lord, do not burden us with more than we have strength to bear; and pardon us, and forgive us, and have mercy on us. You are our Lord and Master, so help us against the disbelieving people.” (Al Baqarah: 286)

Even though Allah has confirmed that He does not burden human beings with something that they can not carry, we at times feel that we can not bear any longer. When we feel that everything seems to get worse and even the universe does not seem to support us, we may feel so desperate. When there seems no way out, we may feel so tired. We feel so tired of the complex problems at home, offices, families, even societies. We may feel we will not get over them and seem like the sky is falling down and the Earth becomes narrower and crushing. At this moment, we may think of stopping and not trying anymore. We may surrender, but no…it is not the time to surrender yet.

Let’s think again, clearly and mindfully, as Believers and Moslems. Let this be a self-help and things to ponder.

This life is just temporary. There will certainly another life which is more eternal. If we feel tired, isn’t it this world a place where we have to work and prepare for our future? The future life which is more promising, everlasting, and joyful should not be traded with something fake, temporary, unstable, and sorrowful sometimes. This world is where we have to keep saving goodness for our next life. It is the time when we need to do the compulsory and the voluntary worshipping. It is the time when we have to make everything that we do our saving because of and for Allah SWT. This world is the place where we should make our work, struggles, actions, eating, walking, resting, even breathing becomes valuable saving for our future life. Our hard work, sweat, tears, fatigue, should be turned into Allah SWT blessings and never do those go without meanings.

How, then, should we face all the tests and fatigue in this life? Here are several advices:

  1. Accept the tests with an open heart

The first thing that we need to do when we are tested is by accepting it. Whatever the kind of tests they are, simply accept them and believe that those tests are the ways to achieve higher levels of faith quality. Students at schools need to pass the exam if they want to level up. Tests given by teachers are those within the students’ competence. In the same way, the tests given by Allah are certainly not the tests beyond our levels that are impossible to be answered. Allah gives us the tests because He knows that we can finish the tests well. Besides, He also wants us to become stronger and get more blessings from Allah SWT.

  1. Limitless patience and keep doing good deeds

While we are doing the tests, patience is the key and it has no limit. Patience does not mean to do nothing. Even, patience is viewed as half of faith because patience is the confirmation of principles of religion and that the origin of faith is from knowledge and good deeds. According to Al Ghazali, there are two kinds of patience: patience over physical pains and at inclination of evil (Ihya Ulumuddin, page 64). For those who are patience and do not stop from doing good deeds are rewarded by Allah SWT as mentioned in the Qur’an Surah Az-Zumar, Verse 10.

قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Say, “O My devotees who have believed, keep your duty to your Lord. For those who do good in this world, is goodness. And God’s earth is vast. The steadfast will be paid their wages in full, without reckoning.” (Az-Zumar, 10)

  1. If you feel tired, have a rest for a while

It is fine sometimes to take a rest, releasing all burdens and problems. Spending several days for thinking, reflecting, evaluating, and having intensive communication with Allah SWT may be of great help. Repositioning the aim of doing things in life and regaining beliefs about Allah’s Limitless Power may give us strength to continue our struggle. Or else, seeking advice from Ustadz and good Moslem friends can also be beneficial.

  1. Ikhitar (trying) is a never-ending action

Efforts are everything that Moslems do as the implementation of faith and evidence of their beliefs of rewards given after life. Efforts are obligatory as long as a Moslem lives. These efforts, regardless of the success or failure, are counted as ibadah or good deeds. In this case, process is viewed as more important than the results because the results are within the Power of Allah and His Privilege.

Allah has mentioned in the Qur’an Surah An-Najm 39-42:

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَ

وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَىٰ

ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَىٰ

وَأَنَّ إِلَىٰ رَبِّكَ الْمُنْتَهَ

And that the human being attains only what he strives for (An-Najm: 39)

And that his efforts will be witnessed (An-Najm: 40)

Then he will be rewarded for it the fullest reward (An-Najm: 41)

And that to your Lord is the finality (An-Najm: 42)

  1. If you want to stop, does it mean you want to go back home (to Allah SWT)?

Bearing all those hardness, do we surrender? Are we ready to give up and go back to Allah because we do not want to try again? It is not an easy thing to answer such a question as we may always answer that we are not ready yet. However, it is not merely about readiness to return to Allah, it is about our duties to accept Allah’s tests and how to gain His blessings upon what we do to the tests.

To sum up, for human beings feeling tired or want to give up may be a normal situation. However, as Moslems we need to act complying with what Allah SWT has guided us. Accepting tests of life and being patient throughout the tests are never easy. Therefore, those who have succeeded in performing them will get blessings and rewards from Allah SWT. Getting a test is not an option, but performing it in the best way that we could is the rightest decision. Allah is the best of Helpers and to Him we shall ask for help.

Wallahu’alam bisshowab.

 

Mengapa Harus Menulis ?

Oleh : Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog—

Pensil yang pendek lebih berguna daripada memori yang panjang

Begitu bunyi status facebook yang ditulis oleh Refiana Said, teman lama saya yang sudah lama tak bertemu. Seorang teman Refiana yang bernama Erick Sinaga memberi komentar: “Tentu … walau pensil itu pendek, namun bisa digunakan untuk menulis, berbagi atau menyampaikan isi hati atau pengalaman hidup pengguna/pemilik pensil. Sementara memori yang panjang hanya disimpan dan diamankan oleh pemilik memori itu sendiri...”

Saya kira apa yang kita lihat, baca, dengar lalu tersimpan dalam ingatan kita tidak banyak berguna kalau hanya tersimpan dalam diri kita. Kekuatan pengetahuan dan pengalaman itu baru terasa ketika kita mengungkapkannya lalu dibaca orang lain. Tentu harus diungkapkan dengan cara tertentu, yang berurutan dan menarik. Nanti apa yang kita ungkapkan itu akan menjadi “emas” yang berguna, yang menjadi sumber teladan dan inspirasi yang memberi pengaruh kepada dunia.

Pengungkapan pengetahuan atau pengalaman itu dapat kita sampaikan secara lisan dan secara tertulis. Ketika kita sampaikan secara lisan, hanya satu dua atau sejumlah kecil orang di sekitar kita yang dapat mendengarkannya dan mengambil manfaat darinya. Beruntung kalau profesi kita adalah public speaker, yaitu orang yang banyak bicara di depan banyak orang seperti guru, dosen, ustaz, kyai, motivator, pelatih. Mungkin ada belasan, puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang yang berkesempatan untuk memperoleh manfaat dari cerita kita. Sayangnya profesi ini minoritas dibanding profesi yang lain. Beruntung lagi kalau kita adalah narasumber di radio atau televisi. Akan tetapi, sangat sedikit di antara kita yang memperoleh kesempatan menjadi narasumber di media massa yang memang massif seperti radio dan televisi.

Sekarang ini media sosial memberikan peluang kepada kita untuk berbicara kepada ratusan, ribuan, puluhan ribu orang, bahkan jutaan orang. Melalui twitter, instagram, facebook, tik tok, dan beragam media sosial lainnya, kita dapat berbagi pengetahuan atau pengalaman secara real time. Seberapa banyak yang dapat menikmatinya sangat tergantung kepada follower yang kita miliki. Semakin banyak follower semakin banyak pihak yang dapat mengambil manfaat dari apa yang kita tulis. Komunikasi melalui medsos ini sebagian di antaranya tetap mengandalkan kemampuan menulis ketika kita hendak mengekspresikan diri kepada banyak orang.

Tulisan Lebih Abadi

Berbeda dengan ungkapan lisan langsung yang setelah kita dengar akan hilang dan tidak dapat dicek lagi oleh orang lain, tulisan-tulisan di media massa (buku, koran, majalah, dsb) dan media sosial lebih abadi. Bisa dibaca di lain kesempatan. Kita juga bisa meminta orang lain mengkonfirmasi isinya, karena isi tulisan dicek di berbagai kesempatan.

Buku adalah jenis tulisan yang tingkat keabadiannya paling meyakinkan. Sampai sekarang kita masih menikmati tulisan-tulisan ulama terkenal seperti Imam al-Ghazali, Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Ibnu Taimiyah, Ibnu Miskawaih, Ibnu Araby, Ibnu Khaldun, Ibnu Sina, dan seterusanya. Kita juga dapat menikmati pemikiran-pemikiran filsafat Yunani kuno dari Aristoteles, Plato, Socrates, Phytagoras yang hidup beberapa abad sebelum masehi (7 Filsuf Yunani Populer Sebelum Masehi, Masih Dikenang Terus (idntimes.com).

Buku bisa bertahan lama bahkan hingga ribuan tahun karena umumnya buku ditulis lebih serius dibanding penulisan naskah-naskah yang lebih pendek. Melalui buku, argumen-argumen ditulis secara baik dan mendalam. Ini berbeda dengan tulisan yang pendek seperti artikel yang sedang anda baca ini. Buku Ihya Ulumuddin karya Imam al-Ghazali adalah contoh buku yang ditulis secara baik dan mendalam yang tetap menjadi bacaan penting umat Islam di seluruh dunia setelah dinikmati berbagai kalangan selama hampir seribu tahun. Entah berapa ratus juta atau bahkan berapa milyar orang pernah membaca atau menyimak pembacaan buku Imam al-Ghazali ini.

Entah bagaimana rasanya memiliki tulisan dibaca orang seantero dunia dari generasi ke generasi. Menyaksikan buku bisa bertahan selama sekitar 27 tahun saja bukan main bahagianya. Ini saya alami sendiri. Sekitar 27 tahun lalu, tepatnya tahun 1994, bersama ahli Psikologi UGM Prof Djamaludin Ancok, saya menulis buku Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Sekarang buku tersebut sudah dicetak 8 kali. Kalau setiap cetak ada 3.000 eksemplar, maka buku itu telah dicetak dan dibeli 24.000 orang. Kalau tiap satu eksemplar buku dibaca 5-7 orang (di perpustakaan malah dibaca puluhan orang), maka berarti buku itu kemungkinan sudah memberi manfaat hingga menembus 100.000 orang. Akhir Oktober kemarin, saya berkunjung ke Universitas Islam Negeri Saizu Purwokerto. Dua orang yang terlibat dalam diskusi mendatangi saya ketika acara selesai. Mereka menyampaikan kalau mereka membaca buku saat mereka menjadi mahasiswa di tahun 1990-an. Hal yang sejenis saya temukan ketika saya berkunjung ke berbagai UIN/IAIN/STAIN dan beberapa universitas Islam. Intinya, mereka mengkonfirmasi bahwa buku tersebut adalah buku yang sampai detik ini menjadi bacaan banyak dosen, mahasiswa, dan umumnya warga masyarakat.

Selanjutnya, kalau kita menulis di berbagai blog dan situs, ratusan hingga ribuan orang akan segera membaca. Pada saat saya menulis tulisan-tulisan pendek yang diposting di facebook, umumnya sebuah tulisan sekitar 100-300 orang. Tentu semakin banyak kawan/pengikut, maka semakin luas daerah penyebarannya.  Kadang saya iseng beri komentar tulisan-tulisan lama di facebook. Ternyata masih ada orang yang mau membaca dan memberi komentar atas tulisan yang sudah beberapa tahun itu.

Motivasi Menulis

Setiap penulis memiliki motivasi. Motivasi menulis tidaklah tunggal. Di antara motivasi yang jamak itu, ada dua yang terpenting. Pertama adalah menyampaikan hal penting kepada orang lain untuk diperhatikan bahkan dilakukan. Para penulis memiliki keyakinan sendiri tentang apa yang dianggap penting. Sekalipun demikian, hal yang dianggapp penting oleh kebanyakan orang dan kebanyakan penulis adalah prinsip-prinsip hidup. Kisah-kisah atau ungkapan bisa berbeda, namun ada kesamaan ide pada berbagai tulisan, yaitu tersebarnya nilai-nilai atau prinsip kehidupan yang dimiliki penulisnya. Prinsip hidup seperti persaudaraan, keadilan, kebaikan hati, semangat hidup, pembersihan diri, kebahagiaan, adalah nilai-nilai yang akan terus menerus ditularkan, karena ide yang sebaliknya juga secara sengaja juga dipromosikan. Prinsip-prinsip penting untuk selalu diperjuangkan.

Sebagai contoh, dalam beberapa tahun terakhir ini saya suka menulis tentang pemaafan. Saya sendiri percaya bahwa memaafkan adalah sebuah bentuk kebaikan yang diperintahkan Allah. Karenanya, saya menulis topik ini dalam bentuk buku, publikasi internasional, publikasi ilmiah nasional, publikasi popular, selain video. Saya berharap dunia yang saat ini masih banyak diwarnai oleh dendam, kemarahan, sakit hati ini dapat berubah menjadi lebih dipenuhi pemaafan, kebaikan hati, dan cinta.

Kedua adalah menyampaikan hal-hal yang semestinya dijauhi atau dihindari agar keburukan dan kejahatan itu tak diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kesenangan sesaat, kekerasan, keputusasaan, jalan pintas, adalah ide-ide buruk yang juga tersebar dan karenanya butuh orang-orang yang selalu mengingatkan kepada banyak orang. Pejuang anti jalan hitam ini ditantang untuk menyebarkan ide ini sekalipun secara umum mencegah keburukan yang sering berarti kesenangan itu secara psikologis lebih berat dibanding memperjuangkan kebaikan dan cinta.

Tulisan Sebagai Terapi

            Salah satu fungsi tulisan adalah sebagai terapi. Pada awal 2017, saya mengalami stroke ringan. Seringan-ringannya stroke, pastinya berdampak terhadap kehidupan orang yang mengalaminya, termasuk saya. Salah satu yang terpengaruh adalah kemampuan kognitif. Kemampuan memahami konsep yang kompleks rasanya menurun sekali. Begitu juga kemampuan berpikir mendalam jauh berkurang. Kalau mau menulis suatu konsep agak kompleks, rasanya kepala ini berat sekali. Alhamdulillah ada saran dari dokter yang menangani saya pascastroke. Beliau menyarankan agar saya membiasakan menulis hal-hal yang ringan dulu. Peristiwa-peristiwa baik yang terjadi di masa lalu adalah hal yang direkomendasikan untuk saya tulis.

Akhirnya saya praktikkan apa yang disarankan dokter. Saya memilih menulis berbagai peristiwa atau kejadian yang berisi kebaikan-kebaikan dari berbagai orang yang saya saksikan sendiri. Saya tulis beberapa kejadian waktu saya SMP, seperti tanggapan dua orang mentri bernama Prof Emil Salim dan Letjen Alamsyah Ratu Prawiranegara waktu saya menyurati mereka SMP. Tanggapan mereka menjadi sesuatu yang membuat saya merasa surprise. Saya juga beberapa kali mendapat postcard dari artis yang saya gemari waktu SMP, yaitu Iis Sugiyanto. Waktu saya menulis, saya juga mengingat peristiwa yang tak pernah saya lupa, yaitu kelompok cerdas cermat saya waktu SMP berhasil mengumpulkan skor 2.000 ketika pesaingnya mendapat skor 200. Intinya saya merasa lancar mengungkapkan berbagai peristiwa membahagiakan di waktu kecil.

Ketika saya menulis dan merasakan derasnya aliran tulisan dari otak dan tangan saya, saya merasa kehidupan menjadi cerah kembali. Saya yakin menulis membuahkan pengaruh yang luar biasa. Saya bayangkan dalam hayalan saya di otak saya ada gumpalan-gumpalan. Setelah saya mengalirkan deras apa yang tersimpan dalam otak itu, gumpalan-gumpalan itu terurai satu per satu. Otak saya terasa berproses mengalami normalisasi.

            Karenanya, ketika saya menuliskan hal-hal yang menegangkan dalam hidup saya, saya sudah yakin kemampuan otak saya sudah pulih semakin mendekati 100% walau secara jujur saya merasa belum bisa 100% seperti dulu. Saya merasa lancar ketika menceritakan suatu peristiwa di mana saya ditinggal oleh bus padahal laptop dan HP saya ada di dalam tas di bus tersebut. Saya juga merasa lancar ketika menceritakan berbagai peristiwa menegangkan lainnya.

Manfaat bagi Pribadi dan Orang Lain

Saya percaya ketika menuliskan pengetahuan, perasaan, pemikiran, dan pengalaman kita kepada orang lain, ingatan kita akan isi tulisan itu semakin panjang. Berdasar pengalaman, gagasan atau pemikiran yang saya tulis sendiri jauh lebih saya pahami dibanding dari apa yang tidak saya tulis. Itu artinya pengetahuan yang ditulis akan menjadi memori yang lebih panjang bagi saya.

Bagi orang lain, bila saya menuliskan apa yang menjadi pengetahuan, perasaan, pemikiran, dan pengalaman saya, maka orang lain akan membaca dan mengingatnya dalam memorinya. Orang lain ini akan membagi memorinya kepada orang lain lagi, dan san seterusnya. Itu artinya memori yang saya tulis dan kemudian dibagi orang lain dan dibagi lagi ke orang lain lagi akan menjadi ingatan bagi banyak orang dan akan diwariskan dari generasi ke generasi. Kalau dapat diwariskan dari generasi ke generasi, maka sudah pasti artinya adalah memori ingatan akan isi ungkapan kita akan bermur panjang.

Demikian. Wallahu a’lam bi ash-shawab. Bagaimana pendapat anda?

Educational Leadership in Islamic Perspective: A Personal Reflection

Oleh: Rizki Farani, S.Pd., M.Pd—-

Education field present domains which hold a wide variety of competency. The role of educators is not only implementing teaching and learning but also developing regulation and policy to support educational programs. Considering the scope of educators’ role, it is essential for educators today to foster their leadership skills in order to formulate solutions for educational problems. Northouse (2016) defines leadership as “a process whereby an individual influences a group of individuals to achieve a common goal”. In this definition, there are four key points of leadership: (a) leadership is a process, (b) leadership involves influence, (c) leadership occurs in groups, and (d) leadership involves common goals (Northouse, 2016). Those points imply that being a leader require us to work together in a group to achieve goals. It needs commitment to maintain motivation to work within the process of life.

In Islamic perspective, leadership is a part of religious practices. It becomes a foundation of social behaviour and leadership actions. Thus, Islamic leadership is considered as an important movement to transform educational system (Dakir & Fauzi, 2020). In addition to it, Al Qur’an emphasises the importance of leadership in Islam, for instance: surah Al-Baqarah verse 30: Read more

Jadilah Mahasiswa-mahasiswa Akhirat !

Oleh : Irwan Nuryana Kurniawan, S.Psi., M.Si —-

Maksudnya apa? Mengapa mendorong jadi mahasiswa-mahasiswa akhirat, bukannya jadi mahasiswa-mahasiswa world class university? Itu mungkin sebagian pertanyaan yang muncul dalam benak Anda begitu membaca judul tulisan ini.   Kita mulai diskusi tulisan ini dengan mengajukan pertanyaan balik. Misalnya ketika mahasiswa-mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki kualifikasi kompetensi world class university, apakah otomatis mahasiswa-mahasiswa tersebut memenuhi kriteria kualifikasi sukses, mulia menurut Allah Ta’ala dan Rasul-Nya? (Sebagai contoh kriteria dalam QS Al-Hujurat [49]:13). Read more

FPSB UII Gelar Seleksi Beasiswa TA 2021/2022

Kepada Yth. Mahasiswa/i

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

Universitas Islam Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Berkenaan dengan akan diadakannya Seleksi Beasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, dengan ini kami sampaikan informasi terkait Beasiswa FPSB UII

A. JENIS BEASISWA

  1. Beasiswa Aktivis Kemahasiswaan/Dakwah Islamiyah/Prestasi Seni dan Olahraga
  2. Beasiswa Prestasi Akademik
  3. Beasiswa Mahasiswa dari Keluarga Tidak Mampu

B. PERSYARATAN UMUM

Persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengajukan Beasiswa FPSB UII tersebut adalah sebagai berikut:

Pemohon adalah mahasiswa aktif angkatan 2018, 2019 dan 2020 Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia

# Memiliki IPK minimal :

  • IPK 3,00 untuk Beasiswa Aktivis Kemahasiswaan/Dakwah Islamiyah/Prestasi Seni dan Olahraga dan Beasiswa Mahasiswa dari Keluarga Tidak Mampu
  • IPK 3,30 untuk Beasiswa Prestasi Akademik

# Bisa membaca Al Qur’an dengan tartil

# Tidak berstatus sebagai penerima beasiswa dari sumber lain, baik dari internal maupun eksternal UII

# Mengikuti serangkaian seleksi yang diadakan oleh Fakultas

# Bersedia mengikuti Leadership Development Program yang diadakan oleh Fakultas.

# Bersedia membantu Fakultas jika dibutuhkan.

C. PERSYARATAN KHUSUS

Persyaratan administrasi yang harus dikumpulkan adalah sebagai berikut:

  1. Surat keterangan mahasiswa aktif dari Divisi Umum FPSB UII (Jenis Beasiswa 1, 2 dan 3)
  2. Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) sebanyak 1 lembar (Jenis Beasiswa 1, 2 dan 3)
  3. KHS asli yang menyatakan IPK minimal (Jenis Beasiswa 1, 2 dan 3) bisa di download dari UII Gateway
  4. Curriculum Vitae terbaru (Jenis Beasiswa 1, 2 dan 3)
  5. Fotocopy kartu keluarga (Jenis Beasiswa 1, 2 dan 3)
  6. Surat pernyataan (bermaterai) tidak sedang menerima beasiswa lain baik dari internal maupun eksternal UII (Jenis Beasiswa 1,2 dan 3)
  7. Bukti keaktifan dalam kegiatan dakwah Islamiyah dan atau non-akademik, Misal: Sertifikat, SK, dsb (Jenis Beasiswa 1)
  8. Surat keterangan tidak mampu dari kecamatan/kelurahan (Jenis Beasiswa 3)

Keterangan :

# Masa pengumpulan berkas | 02-15 November 2021

# Seleksi berkas | 16-19 November 2021

# Pengumuman seleksi berkas  | 22 November 2021

# Tes BTAQ dan Wawancara | 25 November 2021

# Pengumuman lolos seleksi | 30 November 2021

Lain-lain:

  1. Beasiswa berlaku pada Semester Ganjil dan Genap Tahun Akademik 2021/2022
  2. Semua berkas dikumpulkan secara online dengan tautan: https://bit.ly/seleksibeasiswafpsb2021
  3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi (Whatsapp) Farhan Al Farizi (0821- 3722-9019) dan Dwi Pranita (0896-4497-3612)
  4. Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari pihak lain, kesediaan mengikuti Development Program dan kesediaan membantu Fakultas jika dibutuhkan dapat di unduh di tautan https://bit.ly/suratpernyataancalonbeasiswa
  5. Pengajuan beasiswa ini tidak dipungut biaya

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakaatuh

Berkas Lengkap Klik disini

 

FPSB UII Sukses Emban Amanah Tuan Rumah KIMPSI II

Berkolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi Islam di tanah air, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) sukses menjalankan perannya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Psikologi Universitas Islam-II (KIMPSI 2) tahun 2021. Perhelatan tahunan yang sudah dibuka sejak awal September 2021 dengan melombakan 11 cabang lomba terdiri dari Psy-Paper, Psy-Proposal, Psy-Intervention, Psy-Infographic, Psy-Design, Psy-Essay, Psy-Movie, Psy-Vlog, Psy-Photography, Psy-Preach dan Psy-Qiraah tersebut diikuti tak kurang dari 200 peserta yang berasal dari  16 Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. Read more

Jadwal UTS Ganjil 2021/2022

Assalamu’alaikum warahamatullahi wabarakaatuh.

Diumum kepada segenap mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UNiversitas Islam Indonesia (UII), bahwa untuk jadwal UTS Ganjil TA. 2021/2022 bisa diperoleh/didownload di sini. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat. Dan semoga memperoleh hasil yang maksimal. Amiin

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Ttd.

Divisi Akademik

Jejak Fenomena Menangis dalam Islam

Oleh : Dr. Faraz——

Menangis itu biasa, bahkan menurut para ahli sebagai perilaku positif untuk kesehatan fisik maupun mental, tetapi bila puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang menangis bersama, itu menjadi menarik untuk ditulis dan dibahas. Orang menangis biasanya saat sedih, tetapi tidak sedikit juga yang menangis saat gembira. Ada juga yang menangis saat marah atau frustasi. Bagaimana kita membayangkan orang menangis saat mendapat kebahagiaan yang luar biasa atau bagaimana pula kita membayangkan orang menangis saat marah besar dengan orang lain. Fakta menarik ini menguatkan pentingnya mengkaji fenomena menangis. Forum kajian termasuk dakwah tentang menangis relatif langka. Padahal banyak jejak tangis dalam Al Quran dan Hadist Nabi.

Ketika pasangan ganda putri bulutangkis Indonesia memenangkan pertandingan final melawan China pada olimpiade Tokyo belum lama ini, yang menakjubkan dan menangis bukan hanya pemain dan pelatih di lapangan, tetapi hampir seluruh rakyat Indonesia yang menyaksikan turut menangis atas kemenangan itu. Hari-hari selama pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, fenomena menangis tentu mengungkapkan hari-hari di Indonesia yang rata-rata kematian ratusan bahkan lebih dari seharinya. Tangisan yang belum pernah terjadi sebelumnya, karena menyaksikan ayah, ibu, suami, atau istri bahkan anak, dikebumikan dengan cara yang tidak biasa. Proses bagaimana memandikan, mensholatkan, dan menguburkan jenazah melalui cara yang jauh dari tradisi agama maupun budaya yang dianut. Bahkan banyak yang tidak melalui proses tersebut, pada awal-awal pandemi Covid di Indonesia, karena minimnya pengetahuan tentang Covid-19, Jenazah langsung dibawa ke pemakaman, hanya dapat melihat dari jarak jauh, bahkan banyak yang tidak tahu bagaimana anggota keluarga yang dicintainya itu dikuburkan. Inilah yang membuat mereka merasakan pedih yang sangat mendalam. Hatinya sangat penting, karena tidak dapat melakukan apa-apa. Menangis menjadi satu-satunya perilaku logistik yang paling mungkin menyertainya. Sekali lagi, apa untungnya membahas masalah “menangis” yang menurut etika publik sesuatu yang tidak perlu terjadi karena hanya mengumbar emosi dan bukan hal positif. Banyak orangtua yang tidak suka anaknya menangis. Seorang suami juga tidak begitu suka bila istrinya menangis. Dalam suasana sedih karena ditinggal orangtua, anak, istri atau suami, juga sangat tidak disukai menangis.

Menangis bagi bayi merupakan alat komunikasi yang paling utama dan adaptif sebagai mekanisme untuk bertahan hidup (Bartlett & McMahon, 2016). Bagi orang dewasa, menangis itu juga merupakan alat komunikasi, untuk menyampaikan pesan kepada orang lain bahwa dia dalam kondisi rentan, sedang kesulitan dan butuh pertolongan (Cornelius & Lubliner, 2003; Nelson, 2005) Menurut Hendriks, dkk., (2010), fungsi utama menangis adalah memberi perhatian kepada orang lain untuk membantunya dalam menemukan sumber-sumber penemuan, kemudian juga untuk mendapatkan perhatian, empati, dan dukungan dari orang lain. Manusia memiliki tiga jenis air mata, yakni air mata refleks, air mata yang terus menerus keluar ( continuous tear)), dan air mata emosional. Air mata mencerminkan membersihkan kotoran-kotoran, seperti asap dan debu dari mata. Air mata yang keluar terus-menerus akan melumasi mata dan membantu melindunginya dari infeksi. Air mata emosional yang terlupakan mengandung  hormon stres  dan racun lainnya. Para peneliti yakin bahwa menangis dapat mengeluarkan racun dari sistem tubuh (Florencia, 2020).

Dalam bahasa ilmiah, tangisan didefinisikan sebagai respons sekretomotor (sejenis neuron) yang memiliki karakteristik penting yaitu keluarnya air mata dari aparatus lakrimal, tanpa iritasi pada struktur okular. Hal ini sering disertai dengan perubahan pada otot-otot yang terlibat dalam ekspresi wajah, vokalisasi dan dalam beberapa kasus terisak-isak – menghembuskan napas yang kejang pada kelompok otot pernafasan dan tubuh (Vingerhoets, dkk., 2009). Menangis merupakan fenomena biopsikososial artinya menangis bukan hanya masalah biomedik, mengeluarkan air mata dan beberapa otot bergerak tinggi, tetapi juga masalah internal kejiwaan (psikologi) dan juga ada faktor sosial, seperti yang terjadi saat Greysia Polii dan Apriyani Rahayu saat meraih medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020, semua penonton ikut menangis.

Menangis dalam perspektif psikologi

Perspektif psikologi, menangis itu merupakan sebuah reaksi yang biasanya muncul saat orang merasa sedih. Manusia menangis, hewan juga menangis. Tetapi menangis pada manusia yang memiliki fungsi yang berbeda. Manusia menangis tidak masalah bio-mekanis atau melembabkan mata (sama seperti pada hewan), tetapi juga berbagi emosi. Manusia menangis itu mengeluarkan perasaan takut, marah, bahagia, dan perasaan lainnya. Dengan menangis, tubuh akan memaksa seseorang untuk bernafas lebih dalam agar detak jantung lebih lambat dan sesak di dada dapat berkurang. Hormon dan zat-zat lain yang dapat memicu stres. Menangis dapat membantu kita melepaskan hormon endorfin atau “rasa enak” yang juga bisa mengurangi rasa sakit secara alami. Ketika seseorang menangis tubuh akan mengeluarkan seluruh racun (racun) yang terhenti sehingga setelah menangis kita akan merasa lebih kuat secara fisik dan mental. Pakar lain menyebutkan bahwa menangis itu membuat kita merasa lebih baik, dan mengurangi rasa stres. Kemudian menangis juga meningkatkan mood, dimana mood kita akan lebih baik menangis. Terakhir, menangis juga dapat membunuh bakteri yang ada di mata, karena air mata mengandung lisozim. Berdasarkan jenis kelamin, perempuan secara biologis memiliki jumlah hormon proclatin lebih tinggi dari laki-laki. Hormon ini punya kencenderungan yang mendorong seseorang untuk menangis. Sementara pada laki-laki hormon testosteron mengurangi kecenderungan seseorang menangis. Itulah sebabnya mengapa perempuan rata-rata lebih sering menangis dibandingkan laki-laki. Menurut Michael Trimble,

Menangis dalam perspektif Islam

Dalam Islam, menangis itu bukan berarti cengeng, lemah, rapuh, rentan dan membutuhkan pertolongan, seperti ilmu psikologi Barat menjelaskan. Islam sangat perhatian terhadap perilaku menangis. Dan bahwasanya Dialah Yang menjadikan orang tertawa dan menangis. ” (QS. An-Najm : 43). Jadi siapa yang membuat manusia menangis? Jawabannya Allah, dengan segala prosesnya yang rasional. Menangislah kalian semua. Dan apabila kamu tidak dapat menangis maka pura-pura menangislah kamu” (HR.Ibnu Majah dan Hakim). Dalam konteks yang tepat, justru menangis justru lebih disarankan dalam Islam. Dalam berbagai ayat AlQuran maupun hadist disebutkan bahwa Allah sangat senang melihat hambanya menangis. Namun, menangis seperti apa yang sangat disukai dalam Islam? Seorang yang takut kepada Allah, akan mengakhiri hidupnya apakah hidupnya sudah sesuai antara apa yang diberikan Allah kepadanya dengan apa yang dia perbuat untuk Allah, kemudian dia menangis, karena apa yang dia berikan dalam bentuk pengabdian kepada Allah ternyata jauh lebih sedikit, bahkan tidak terlihat sama sekali. Menangis seperti ini akan berdampak pada seseorang untuk selalu memperbaiki dan memperbaiki, karena rahmat Allah tidak pernah bisa disaingi dengan ibadah dan perbaikan apapun juga. Rasulullah pernah bersabda,Andaikata kamu mengetahui apa yang aku ketahui, kamu semua akan sedikit tertawa dan banyak menangis ” (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasa takut seperti ini akan membangun kecintaan manusia kepada Sang Pencipta. Allah sudah memberikan kepada manusia, segala hal secara gratis, yang sering dilupakan, misalnya udara (oksigen). Beberapa bulan terakhir ketika pandemi Covid-19 menyebar secara ganas di tanah air, banyak keluarga dibuat panik karena kesulitan mencari tabung gas (oksigen) untuk anggota keluarganya yang koma di rumah sakit. Banyak dari mereka yang berpikir dan malu selama ini baik-baik saja dan sehat tanpa menikmati oksigen secara gratis di alam bebas, tidak ada ucapan terima kasih kepada pemilik oksigen itu, Tuhan Allah Swt. Selama ini jarang beribadah, jarang melakukan kebaikkan, sebaliknya sering melakukan hal-hal yang dilarang agama, seperti berbohong, mengambil hak orang lain, berkhianat, dan banyak lagi. Perasaan seperti ini pada akhirnya menumbuhkan kesadaran untuk berbuat lebih baik lagi, sesuatu yang akan disukai atau dicintai oleh sang pemilik oksigen gratis di alam itu (baca: Allah). Indikator, bahwa kita benar-benar cinta kepada Allah, Tuhan yang selama ini telah banyak untuk kehidupan kita, maka kita akan mudah menangis ketika beribadah dan ketika mengingatnya (berzikir). Menangis dalam konteks ini dapat meningkatkan kekhusyuannya dalam beribadah dan peluang mendapat hidayah dari Allah. maka kita akan mudah menangis ketika beribadah (sholat) dan ketika mengingatnya (berzikir). Menangis dalam konteks ini dapat meningkatkan kekhusyuannya dalam beribadah dan peluang mendapat hidayah dari Allah. maka kita akan mudah menangis ketika beribadah (sholat) dan ketika mengingatnya (berzikir). Menangis dalam konteks ini dapat meningkatkan kekhusyuannya dalam beribadah dan peluang mendapat hidayah dari Allah. Dan mereka bersujud sambil menangis dan maka bertambahlah atas perasaan mereka khusyu’ ” (QS. Al-Isra: 109). Sang pecinta, apabila dibacakan ayat-ayat Allah, dia akan mengungkapkan kegembiraannya, sebagai bukti kecintaannya pada Allah (QS Al Anfal:2), dan kemudian akan menangis, karena hal itu tentu saja jauh dari harapan yang diharapkan Allah. Nabi Muhammad SAW., dijamin masuk surga oleh Allah, sering menangis malu dan merasa belum optimal beribadah karena Allah. Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu melihat mata mereka mencucurkan air mata karena kebenaran (Al Quran) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata, Ya Tuhan, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad)”.  (QS.Al-maidah: 83). Dalam AlQuran surat Maryam, ayat 58 juga mengungkapkan hal yang sama, Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israel, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Jika dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemura kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis .”

Takut kepada siksaaan Allah kemudian menangis menjadi fenomena menangis dalam Islam. Salah satu kisah untuk itu dapat dikutip disini. Sahabat Ustman bin Affan, ketika ia berada di dekat kuburan, ia tertunduk dan menangis. Sahabat yang membantu bertanya, “ Mengapa menangis melihat kuburan wahai Amirul mukminin ”. Ustman menjawab, Rasulullah pernah berkata bahwa kuburan ini merupakan tempat persinggahan pertama dari beberapa persinggahan di akhirat, jika ia selamat maka ia dimudahkan, jika tidak selamat maka datang setelahnya kecuali lebih berat .”(HR. At-Tirmidzi). Menangis karena takut siksaan Allah karena lebih banyak dosa daripada kebaikkan juga diriwayatkan Ibnu Abbas  radhiyallahu ‘ , bahwa Nabi mengajarkan, “Ada dua buah mata yang tidak akan menuntut api neraka; mata yang menangis karena merasa takut kepada Allah, dan mata yang berjaga-jaga di malam hari karena menjaga pertahanan kaum muslimin dalam (jihad) di jalan Allah. (HR.At-Tirmidzi).

Sekali lagi, menangis itu adalah Sunnatullah. Bayi lahir pada umumnya menangis. Ini bisa beragam, tetapi yang pasti orang tua bayi itu umumnya bergembira dan bahagia. Sebaliknya, ketika anak manusia meninggal, meninggal dunia, umumnya keluarga inti, kerabat, sahabat dan tetangga dekat, menangis. Pertanyaannya apakah anak manusia yang meninggal itu menangis atau bergembira. Jawabannya kembali kepada diri masing-masing. Rasulullah berdoa, “ Tidak akan masuk ke dalam neraka, seseorang yang pernah menangis karena takut kepada Allah (HR. Tarmidzi). Semoga menangis tidak menjadi akhir hidup kita. Aamiin.