Sharing Session Bersama Alumni Psikologi Chapter Bandung

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

“Alumni memberikan banyak masukan yang sangat berharga saat saya bersilaturrahmi dengan mereka,” ungkap Dr. H. Fuad Nashori, Psikolog, menuturkan pertemuannya dengan sejumlah alumni S1 dan S2 psikologi di Kota Bandung. Sambil menyelam minum air. Di sela-sela waktu menguji disertasi di Universitas Padjadjaran, dekan yang murah senyum ini bertemu dengan sejumlah alumni mulai dari angkatan 1997 hingga 2014.Acara silaturrahmi dan sharing session yang bertajuk “Alumni FPSB UII Chapter Bandung Sharing Session #1”ini berlangsung di Solaria, Paris van Jawa, Bandung, ahad, 22 Juli 2014. “Masukan-masukan mereka sangat bermanfaat untuk memajukan proses belajar mahasiswa sehingga lulusan kita lebih berkompeten dan lebih mudah terserap ke dunia kerja.”

“Mahasiswa perlu bahkan harus mempunyai pengalaman magang,” tutur Fuad menyampaikan gagasan yang disampaikan alumni. Ide ini tentu adalah ide yang bagus.Alumni berargumentasi bahwa magang menjadikan mahasiswa melihat dan mengalami sendiri proses bisnis dalam dunia kerja. Sekalipun demikian alumni chapter Bandung menyampaikan catatan bahwa yang perlu diperhatikan adalah mahasiswa magang di bagian yang relevan dengan bidang ilmu dan jangan terlalu administratif.”Dua alumni yang bekerja dalam divisi sumber daya manusia mengungkapkan bahwa perusahaan mereka siap untuk menampung sejumlah mahasiswa psikologi, baik S1 maupun S2 Profesi, untuk magang.

Selain magang,tutur Fuad, alumni juga memberi catatan tentang pentingnya attitude yang mendukung sukses kerja. “Kemampuan mengambil inisiatif, bekerja dalam tim, empati, dan kesediaan menolong teman kerja di luar tugas pokok adalah attitude yang sangat penting dalam bekerja,” ungkap Fuad berusaha menyarikan pandangan-pandangan dari alumni. Alumni tentu saja mengharapkan agar proses belajar mengajar memungkinkan para lulusan memiliki sikap kerja yang diharapkan.

Fuad sendiri memantik diskusi dengan menyampaikan beberapa hal yang ditanggapi oleh alumni, di antaranya adalah continuing education (pendidikan yang berkelanjutan), alumni back to campus session, dan alumni sharing session in any cities. Pendidikan berkelanjutan adalah pendidikan yang diselenggarakan oleh kampus bagi alumni yang ingin menyegarkan kembali ilmunya. Pematerinya adalah dosen dan alumni yang terkait dengan tema. “Beberapa kegiatan yang pernah diselenggarakan seperti workshop islamic cognitive behavior therapy.”Di masa depan, continuing education perlu diperkuat dengan memperhatikan kebutuhan lapangan.

Program berikutnya adalah alumni back to campus session. Ini adalah program berbagi ilmu dan pengalaman dari alumni untuk mahasiswa. Mahasiswa didekatkan ke dunia kerja dengan cara menghadirkan alumni untuk menyampaikan pengalaman, permasalahan, serta tips-tips untuk sukses kerja jika saatnya tiba. Sejauh ini prodi S1 psikologi dan Magister psikologi profesi sudah banya menyelenggarakan agenda ini.

Selanjutnya, adalah alumni sharing session di berbagai kota. Alumni membentuk perkumpulan-perkumpulan di berbagai kota. Pemantik atau pematerinya bisa berasal dari kalangan sesama alumni atau berasal dari dosen yang kebetulan hadir di Kota tersebut. Selain Bandung, Jakarta adalah kota di mana alumni sering bertemu dan saling berbagi ilmu dengan sesamanya. “Dalam sharing session pertama ini, terpilih Hendric Syahriza yang biasa dipanggil Erik angkatan 2001  sebagai Ketua Alumni FPSB UII Chapter Bandung,” ungkap H. Fuad Nashori.

Dalam pertemuannya dengan alumni Bandung ini, salah seorang alumni menyatakan kesediaannya untuk menyumbang beasiswa bagi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII sebanyak 120 juta. “ Semoga amal baik dari alumni FPSB UII di Bandung ini menginspirasi alumni yang lain dari FPSB UII,” tutur Fuad mengakhiri wawancara

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.