Lab Psikologi Gelar Pengayaan Tes Denver II

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam rangka memperkenalkan Tes Denver II sebagai alat screening perkembangan anak kepada mahasiswa, laboratorium Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) secara khusus menyelenggarakan workshop Pengayaan Psikodiagnostika Tes Denver 2 pada hari Jumat, 17 November 2017. Kegiatan yang pesertanya didominasi oleh mahasiswa Prodi Psikologi FPSB UII tersebut menghadirkan Intan Kusuma Wardhani, M.Psi., Psikolog (Psikolog RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta) sebagai pembicara.  

Adapun materi yang disampaikan Intan Kusuma Wardhani meliputi definisi tes denver,  sejarah & perkembangan tes denver, langkah persiapan untuk menggunakan tes denver, langkah pelaksanaan tes denver, serta pengambilan keputusan dan tindak lanjut dari hasil tes denver.

Menurutnya, tes denver 2 merupakan salah satu alat skrining perkembangan yang berfungsi untuk mengetahui sedini mungkin penyimpangan perkembangan yang terjadi pada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Alat tes ini terdiri dari 125 tugas yang terbagi dalam empat kategori atau aspek yang dinilai, yakni personal-sosial (penyesuaian diri dengan masyarakat dan perhatian tehadap kebutuhan perorangan), adaptif-motorik halus (koordinasi mata-tangan, memainkan benda kecil dll), bahasa (mendengar, mengerti dan menggunakan bahasa), dan motorik kasar (duduk, jalan, melompat dan gerakan umum otot besar).

Intan menambahkan bahwa tes denver 2 bisa digunakan oleh siapapun, baik dokter/tenaga kesehatan, akademisi, bahkan oleh orangtua yang ingin mengetahui perkembangan fisik dan mental anaknya. Jika deteksi perkembangan terhadap anak sudah dilakukan sejak dini, maka hal itu akan memudahkan seorang dokter ahli, orangtua, keluarga ataupun teman si anak dalam memberikan stimulasi dan intervensi yang tepat, sehingga gejala abnormalitas seorang anak tidak berkembang menjadi permanen.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.