HI Kaji Hubungan antara Islam dan Budha

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bertempat di GKU Prof. Dr. Sardjito Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII menyelenggarakan Kuliah Umum bertema The Brigde to Understand Buddhism & Islam Relations dengan menghadirkan Dr. Imtiyaz Yusuf (Center for Buddhism-Muslim Understanding, Mahidol University, Thailand) sebagai pemateri.

Dalam paparannya, Dr. Imtiyaz Yusuf menyampaikan kondisi hubungan yang kurang baik antara Budha dan Islam. Hal tersebut dipicu oleh banyak sebab, seperti saat pasukan Taliban menghancurkan Bamiyan Budha tahun 2001, beberapa penyerangan yang dilakukan baik oleh pemeluk Muslim ke pemeluk Budha ataupun sebaliknya. Beliau juga menambahkan bahwa beberapa disebabkan oleh kepentingan politik.

Beliau juga menambahkan kondisi hubungan Budha-Muslim saat ini yang sedang menjalani proses perbaikan melalui berbagai pertemuan, dan juga dialog. Beberapa juga disampaikan cara pandang muslim terhadap penganut ajaran Budha berdasarkan Al Quran. Tak lupa juga dibahas krisis kemanusiaan berlatar agama terkait dengan suku Rohingnya.

Untuk itu, agar konflik-konflik tersebut tidak terjadi di Indonesia maka sebaiknya kita saling menjaga/menghormati agama yang lain. “Don’t climb teh Borobudur temple. Don’t use kafir word anymore. Say with ‘ahlul kitab'”, ungkapnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.