Tingkatkan Kemampuan Desain Grafis, FPSB UII Gelar Pelatihan Canva & Autocrate bagi Tendik dan Staf

Peserta Pelatihan Canva dan Autocrate FPSB UII

Foto: Peserta Tendik dan Staf FPSB cukup khidmat dalam mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan canva dan autocrate yang diisi oleh Topari, ST sebagai pemateri.

FPSB UII kembali mengadakan kegiatan pelatihan bagi para tendik dan staf dengan materi kali ini adalah tentang desain grafis. Pemateri kegiatan ini diisi oleh Topari, ST yaitu seorang guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMAN 1 Playen, Gunung Kidul. Kegiatan berlangsung selama dua sesi, dari awal sampai akhir acara, para peserta akan dipandu untuk membuat desain grafis dengan mudah tanpa harus belajar dari nol menggunakan aplikasi canva. Pada tiap akhir sesi, para peserta juga akan diberikan tantangan untuk membuat desain sesuai dengan kereativitas dan imajinasi masing-masing dan hasil karya tersebut dapat diunggah pada tautan web yang disediakan oleh pemateri sehingga seluruh peserta dapat memantau sekaligus belajar dari desain peserta yang lain. Kegiatan pelatihan ini berlangsung pada Sabtu(16/09/2023) pukul 09.00-15.00 WIB, bertempat di Hotel Santika Premiere Jogja.

Pada sesi pertama peserta dipaparkan materi pembuatan Twibon yaitu sebuah desain bingkai foto yang akan dipajang di sosial media guna memberikan dukungan pada suatu perayaan, promosi, kampanye dan sebagainya. Langkah pertama peserta mulai membuat desain bingkai foto terlebih dahulu pada canva, disini peserta dikenalkan beberapa fitur dan elemen  menarik pada canva.

Selanjutnya hasil karya bingkai yang sudah jadi tersebut diunggah pada Aplikasi pengeditan foto online (pixlr) untuk dilakukan pemotongan pada bagian tengah bingkai yang nantinya akan digunakan untuk menambahkan foto. Setelah dilakukan pemotongan, langkah berikutnya, peserta diminta untuk mengunggah hasil edit foto tersebut pada halaman web (Twibonnize) yaitu sebuah platform daring yang memfasilitasi segala kebutuhan kampanye dengan cara yang asik dan menarik.

Setelah peserta berhasil membuat twibon, maka selanjutnya peserta diberikan materi pembuatan Konten Sosial Media melalui canva. Pada materi ini peserta diajarkan bagaimana membuat sebuah konten atau informasi menarik melalui sosial media seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, Tiktok dsb. Konten sosial media tersebut bisa berupa flyer maupun video, dan peserta dipandu dalam pembuatan konten tersebut terutama pengumuman terkait akademik maupun urusan administrasi dilingkungan kerja.

Pada sesi akhir para peserta diberikan materi pembuatan sertifikat melalui canva sekaligus tutorial cara mendistribusikan sertifikat tersebut secara online menggunakan Autocrate. Sebelum acara selesai, para peserta diberikan tantangan untuk membuat sertifikat sendiri sekaligus mengirimkanya secara masal kepada peserta lainya melalui email peserta yang sudah didaftarkan melalui tautan web yang disediakan oleh pemateri sebelumnya.