Siap Hadapi Bencana, FPSB Undang BPBD

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam rangka menambah kesiapsiagaan terhadap bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu (gempa bumi, erupsi, kebakaran, dll), Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) secara khusus mengundang Tim Badan Penannggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Kamis, 8 Februari 2019. Hadir sebagai pemateri adalah Stefanus Hendri Dharma Wijaya (Ka. Bid. Pencegahan dan Kesiapsiagaan) bersama Joko Lelono (Ka. Sie Mitigasi Bencana).

Kolaborasi keduanya memaparkan tentang profil BPBD sendiri yang memiliki 3 bidang, yakni Bidang 1 untuk menangani kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan (pra bencana), Bidang 2 mengurusi darurat bencana dan logistik (pada saat kejadian bencana), serta Bidang 3 yang menangani proses rehabilitasi (paska bencana).

Keduanya juga memaparkan pentingnya mengadakan kegiatan simulasi bencana dalam rangka membiasakan diri agar sadar terhadap bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi dan tahu langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana, baik tahu cara menyelamatkan diri maupun memberikan pertolongan pada orang sekitar.

Beberapa tips menghadapi bencana juga disampaikan pada kesempaatan tersebut, seperti pengecekan alat pemadam kebakaran, mencari segitiga kehidupan (biasanya ada di bawah pilar terkuat, samping tempat tidur, bawah kursi/meja, dll) saat terjadi bencana gempa bumi, serta pemutaran video cara memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam kebakaran.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.