FPSB UII Gelar Pelatihan Kompetensi Digital Tendik dengan Tema “Mudah dengan AI”

Para tendik sangat antusias dalam menyimak dan mempraktikan pelatihan menggunakan artificial intelligence

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) sukses menyelenggarakan pelatihan Kompetensi Digital Tendik dengan tema “Mudah dengan AI” pada Sabtu, (20/07/2024). Acara yang berlangsung di ruang Auditorium lantai 3 Gedung FPSB UII ini dihadiri oleh para tenaga kependidikan FPSB UII.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para Tendik dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam berbagai aspek pekerjaan mereka. Dengan tema “Mudah dengan AI”, para peserta diajak untuk memahami dasar-dasar AI, mengenal berbagai tools dan platform AI yang dapat diaplikasikan serta mengidentifikasi potensi dan tantangan dalam pemanfaatan AI dalam pekerjaan.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan bidang Sumber Daya FPSB UII, Resnia Novitasari, S.Psi., M.A., yang menekankan sebetulnya Artificial Intelligence (AI) ini tidak bisa kita nafikan semakin dekat dengan kehidupan kita, dan kita perlu untuk mengenalinya namun bukan berarti kita bergantung sepenuhnya atau mengabaikan sepenuhnya namun kita perlu mengambil jalan tengah yaitu dengan belajar memanfaatkannya sehingga bisa menunjang kinerja kita dalam pekerjaan sehari hari” ujar beliau.

Materi pelatihan sesi pertama disampaikan oleh Dhomas Hatta Fudholi, S.T., M.Eng., Ph.D. , Dosen Prodi Informatika UII, yang menjelaskan teori penggunaan sekaligus mengenalkan berbagai aplikasi AI untuk memudahkan dalam melakukan pekerjaan. Untuk materi sesi kedua disampaikan oleh Fika Febrika, S.Kom., Staf System Analyst Badan Sistem Informasi (BSI) UII, dalam materinya beliau mengajak para peserta untuk praktik langsung dalam mengaplikasikan tools AI dalam pekerjaan antara lain pembuatan notulensi rapat dan Dokumen SOP terkait Prosedur Kerja, Surat Menyurat dan Instruksi Kerja di UII. Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti sesi tanya jawab dan berdiskusi dengan narasumber.

“Menurutku pelatihan ini menarik banget dan fitur AI nya dapat membantu pekerjaan sehari-hari contohnya terkait pembuatan notulensi dan dokumen,” ujar Hidayatun Nafiah , salah satu peserta pelatihan dari unit Pengelola Jurnal FPSB. ” Selain itu juga mendapatkan ilmu baru misalnya mengubah format gambar menjadi data tabel di dalam Microsoft Excel dengan AI sekaligus dapat diedit sehingga tidak perlu menulis dari awal, Overall pelatihanya bagus dan keren serta sangat bermanfaat untuk lebih mengefisiensi waktu dan memaksimalkan pekerjaan”, tandasnya.

Pelatihan Kompetensi Digital Tendik dengan tema “Mudah dengan AI” ini menjadi salah satu langkah nyata FPSB UII dalam mendukung pengembangan kompetensi digital para Tendik dan meningkatkan kualitas pelayanan di FPSB UII. Semoga pelatihan ini dapat menjadi motivasi bagi para Tendik FPSB UII untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi di era digital.