Doa Bersama Atas Berpulangnya Pendiri FPSB UII, Almarhum Prof. Djamaludin Ancok, Ph.D.

Doa Bersama Almarhum Prof Djamaludin Ancok, Ph.D.

FPSB UII menggelar acara doa bersama bagi almarhum Prof Djamaludin Ancok, Ph.D., almarhum meninggal dunia pada Jum’at 15 Maret 2024 Pukul 19.30 WIB. Beliau merupakan Dekan pertama FPSB UII periode 1995-1998 dan 1998-2001, sekaligus salah satu pendiri Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Acara doa bersama dilaksanakan pada Jum’at (22/03/2024) bertempat di Musholla Baitul Hadi Gedung FPSB UII.

Kegiatan doa bersama ini diawali oleh sambutan Dr.Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si, Psikolog selaku Dekan FPSB UII. Beliau menyampaikan kesan dan pesannya terhadap almarhum antara lain almarhum sangat ramah terhadap semua orang termasuk karyawan, dosen serta mahasiswa, selain itu almarhum berpesan agar menjadi dosen dan karyawan yang anti transaksional, yaitu bekerja dengan semangat dan sungguh-sungguh tanpa perlu hitung-hitungan. Selanjutnya adalah sambutan oleh pihak keluarga almarhum yaitu bapak Faisal selaku anak almarhum, beliau menyampaikan pengalamannya bersama dengan almarhum semasa hidup.

Acara selanjutnya adalah doa bersama untuk mendoakan almarhum Prof Djamaludin Ancok, Ph.D. serta para pendahulu FPSB UII yang sudah wafat antara lain Drs. H. Muhammad Bachtiar, MM, Drs. H. Amir Effendi Siregar, MA, Dr. Hj. Sukarti, Prof. Dr. Sri Rahayu Partosuwido, Dr. H. Toto Kuwato, Dr. H. Yapsir Gandi Wirawan, MA, Drs. H. Arif Suhardi, Drs. H. Zaenal Mu’arif , Tukiyo, Dra. Hj. Munjiyah, Sugiyanto, Indriyati, Edy Sutapa, Alwis Mas, Dawami, Sugintarta, Drs. Fathurrohman, Hj. Tutik Rahayu

Acara terakhir adalah penyampaian testimoni terhadap almarhum oleh dosen FPSB antara lain bapak Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., Psikolog, beliau menyampaikan bahwa sangat dekat sekali dengan almarhum semenjak masih menjadi mahasiswa, beliau pernah menjadi asisten dari almarhum yang bertugas untuk membantu dalam hal konsultasi psikologi, selain itu almarhum adalah partner dalam menulis buku. Kesan beliau terhadap almarhum antara lain almarhum sangat baik dan ramah serta suka menyapa setiap orang.

Testimoni selanjutnya disampaikan oleh Ratna Syifa’a Rachmahana, S.Psi. , M.Si., Psikolog, kesan beliau terhadap almarhum adalah almarhum sangat ceria dan suka bercanda. Beliau menceritakan pengalaman menariknya dengan almarhum saat masih menjadi mahasiswa. Testimoni terakhir disampaikan oleh Dr. Phil. Emi Zulaifah, M.Sc., Psikolog., beliau menyampaikan kesan terhadap almarhum  sat masih muda yaitu meskipun suka bercanda namun beliau minder dengan almarhum karena pencapaianya yang sangat luar biasa. Almarhum juga selalu mendengarkan setiap pendapat orang lain dan tidak pernah memaksakan pendapat pribadi, beliau berharap semoga Allah SWT menerima semua kebaikanya dan memaafkan segala kesalahanya, dan kenangan baik almarhum dapat kita ambil sebagai hikmah.