POTMA 2023, Menjadi Mahasiswa Dewasa dan Berakhlak Karimah

Foto: Acara Potma FPSB UII 2023 diakhiri dengan Foto bersama Orang tua mahasiswa dengan dosen dan pimpinan FPSB UII

Foto: Kegiatan POTMA FPSB UII 2023 diakhiri dengan foto bersama Orang Tua mahasiswa, dosen dan pimpinan FPSB UII

FPSB UII kembali menggelar pertemuan rutin antara mahasiswa baru, orang tua, dan dosen serta pimpinan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya yaitu POTMA  2023 yang bertemakan “Mendampingi Mahasiswa Menjadi Pribadi Dewasa dan Berakhlak Karimah”. Dalam kegiatan ini, Para mahasiswa dan orang tua mendapatkan pemaparan materi ilmu agama, akademik, serta pengenalan tentang  FPSB UII. kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (28/10/2023) bertempat di Auditorium Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakir serta gedung FPSB UII.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan Alqur’an oleh Muhammad Hakimi Harit Mahasiswa Hubungan Internasional angkatan 2021 dan menyanyikan lagu Indonesia Raya & Hymne UII yang dipimpin oleh Azra Zerlina Haryati Mahasiswi Prodi Hubungan Internasional angkatan 2022. Selanjutnya adalah sambutan dari bapak Honest Dody Molasy, S.Sos., M.A., CIQaR., CIQnR., CRP. perwakilan orang tua dari Naura Fathia Al-Faaza mahasiswi Prodi Psikologi angkatan 2023 sekaligus dosen Prodi Hubungan Internasional Universitas Jember.

Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa menurut riset menunjukan angka 18,3% mahasiswa pernah melakukan hubungan seksual diluar nikah dan angka tersebut terbilang cukup besar mengingat salah satu sumber riset adalah kota Jogja sebagai kota pendidikan. Hal ini dapat menjadi permasalahan akhlak terutama menyangkut masa depan dari anak-anak kita. Beliau juga menambahkan bahwa untuk menjadi manusia yang utuh tidak cukup hanya dengan hanya mengandalkan otak namun juga perlu sinergitas dengan hati yang kuat, hal inilah yang mendorong beliau untuk menguliahkan anaknya di Universitas Islam Indonesia, karena termasuk universitas terbaik yang mampu menggabungkan ilmu umum namun sekaligus menguatkan iman dan takwa. Terakhir beliau juga menghimbau bahwa pendidikan anak bukan sekedar tanggung jawab Universitas namun juga memerlukan sinergitas antara universitas dengan para orang tua mahasiswa dan beliau juga berharap diadakanya kegiatan serupa namun rutin untuk menyampaikan progres perkembangan mahasiswa kepada orang tuanya.

Sesi selanjutnya adalah sambutan sekaligus pengenalan Fakultas oleh Dr.Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si, Psikolog selaku Dekan FPSB UII. Dalam paparanya beliau menyampaikan berbagai hal terkait FPSB UII yaitu alasan memilih FPSB sebagai tempat untuk kuliah adalah karena UII masuk dalam rangking 500 besar universitas se Asia, memiliki Akreditasi Internasional Program Studi, dan fasilitas kampus kelas dunia, Serta Perguruan Tinggi Swasta paling lestari di Indonesia. Dalam paparan selanjutnya beliau menyampaikan beberapa hal antara lain tentang sejarah awal berdirinya FPSB sejak tahun 1995, Pilihan Program Studi, Pengenalan Pimpinan Fakultas, Pengenalan masing-masing prodi di FPSB, Fasilitas Kampus, serta peluang karir.

Sesi Berikutnya para mahasiswa baru 2023 diberikan pengenalan serta panduan penggunan aplikasi sistem informasi akademik pada UII Gateway  yang dipandu oleh Bapak Fariyanto selaku Kepala Administrasi Akademik FPSB UII sekaligus diskusi dan tanya jawab. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Talkshow bersama pemateri sekaligus Ketua Program Studi Psikologi Profesi – Program Magister yaitu bapak Dr. H. Sus Budiharto, S.Psi., M.Si., Psikolog, beliau menyampaikan bahwa cara paling mudah mencapai kebahagiaan adalah dengan cara bersyukur, dan cara termudah untuk bersyukur adalah dengan mengucapkan terimakasih terutama ucapan terimakasih dari orang tua kepada anaknya yang sedang berkuliah karena telah menjaga diri dengan baik di UII serta berterimakasih karena sang anak sudah berusaha tetap selalu menjaga komunikasi dengan orang tuanya selama kuliah.

Selain itu beliau juga menyampaikan materi tentang cara menguatkan akhlak karimah bagi orang tua terhadap anaknya antara lain dengan menguatkan ibadah dan mendoakan, mengaji Al-Qur’an bersama, saling berdialog, menyediakan tempat yang nyaman untuk beribadah dan belajar, mendukung mahasiswa untuk berorganisasi dan berteman dengan orang sholih/sholihah, komunikasi orang tua dengan dosen dikampus, serta Kontribusi orang tua dalam mengingatkan mahasiswa menjalankan tugas-tugas kampus dan kehidupan.

Pada sesi terakhir, para orang tua dan mahasiswa diajak untuk berpindah lokasi ke gedung FPSB UII untuk dilakukan pengenalan program studi yang ada di FPSB UII. Pada sesi ini dipandu oleh masing masing staf Prodi dan juga Tim Marketing and Communications (Marcomm) FPSB UII.