Lulusan Pertama PBI Raih Cumlaude

Quna. Demikian sapaan akrab mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang memiliki nama lengkap Nur Qona’ah Izzatun Nafsi. Sosok yang aktif dalam kegiatan/kepanitiaan kemahasiswaan dan juga pernah tercatat sebagai anggota Duta Promo (Marketing and Communication-MARCOM) FPSB UII tersebut berhasil menyelesaikan studi S1-nya dengan IPK 3,76 dan berhak memperoleh predikat cumlaude pada wisuda bulan Agustus 2015 lalu.  Adapun skripsi yang menjadi prasyarat kelulusannya berjudul Using Learning Media to Increase Student’s Writing Skills at SMA N 1 PAKEM Sleman Yogyakarta Grade X dengan dosen pembimbing Ista Maharsi, S.S.,M.Hum.

Dara kelahiran Oktober 1993 yang merupakan putri pertama dari Bapak Jumiran (petugas parkir di FPSB/FK UII) dan Ibu Nur Syamsiah (jualan snack) tersebut tercatat sebagai mahasiswa Prodi PBI sejak tahun 2011 lalu (angkatan 2011) dan bersama sahabatnya Akhdiatus Sholihah TS merupakan lulusan pertama dari prodi S1 PBI. 

 

Selain dibiayai oleh orangtua, biaya kuliah juga ia dapatkan dari UII berupa beasiswa mahasiswa kurang mampu, beasiswa PPA/BBM dan juga beasiswa mahasiswa berprestasi akademik dari Dikti. Meski dirinya belum pernah menyumbang prestasi yang berhubungan dengan fakultas maupun universitas, alumni SMK Negeri 3 Yogyakarta jurusan Teknik komputer & jaringan ini pernah menjadi guru terbaik di sebuah lembaga bimbingan belajar.

“Terimakasih saya ucapkan buat dosen pembimbing, kaprodi, sekprodi serta seluruh dosen di PBI UII yg telah membagi ilmu selama 4 tahun ini. Terimakasih karena telah memperlakukan saya bukan hanya sebagai mahasiswa tetapi juga selayaknya keluarga, sehingga ketika saya menemui kesulitan baik tentang akademik atau yang lainnya, para dosen membuka pintu lebar untuk bertanya, berdiskusi, & membantu menyelesaikan masalah yang ada. Bukan itu saja, terima kasih karena setelah saya lulus pun para dosen masih memantau & membantu dalam karir & pendidikan saya agar lebih maju. Terimakasih”, ungkap Quna.

Sedangkan kepada Prodi PBI,  dirinya berharap agar selalu menjadi prodi yg mampu menciptakan lulusan/ pendidik yang bukan hanya mendidik dengan intelektualitas & kemampuan yang telah diperoleh di prodi PBI UII, tetapi juga mendidik dengan hati seperti yang telah diterapkan di PBI UII selama kuliah, sehingga siswa tidak hanya pandai tetapi juga mempunyai moral & tingkah laku yang baik. Selain itu, nilai-nilai keislaman yang telah melekat selama 4 tahun di UII juga harus diterapkan dimanapun & kapanpun sehingga mampu menciptakan tujuan UII yaitu menjadi universitas yang rahmatal lil alamin.

Mengajar privat Bahasa Inggris (TK-SD) dan mengajar Baca Tulis Al Quran di rumah serta freelance di Fakultas Kedokteran UII menjadi menjadi aktivitas Quna seraya mencari beasiswa untuk studi lanjut S2 di Australia (The University of Queensland) dlm setengah tahun kedepan.