Visi |
Menjadi lembaga pendidikan psikologi yang mengutamakan kesempurnaan (excellence), memiliki standar internasional, berkomitmen pada nilai-nilai Islam dan menjunjung tinggi budaya Indonesia |
Misi
|
-
Melahirkan sarjana psikologi yang berintegritas, kompeten, profesional, berdaya saing baik pada tingkat nasional dan internasional, menjunjung tinggi nilai-nilai islam serta budaya Indonesia
-
Menanamkan sikap, cara berpikir, dan metode ilmiah pada mahasiswa sehingga mampu mengadopsi kompetensi tersebut dalam menghadapi masalah-masalah di bidang yang mereka pilih
-
Menciptakan lulusan yang sensitif, tanggap, dan kreatif dalam pemberdayaan dan pemecahan persoalan masyarakat
|
Tujuan Pendidikan |
- Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Sarjana Psikologi yang berwawasan Ilahiyah
- Bertaqwa, berakhlak, terampil, berilmu amaliah dan beramal ilmiah.
- Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
- Mampu mengenali, mengamati, dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasar ilmu psikologi.
- Mempunyai bekal dasar ilmu pengetahuan yang cukup untuk melanjutkan pendidikannya.
- Memiliki dasar pengetahuan umum dan pengetahuan profesi yang cukup untuk dapat memperluas pandangannya.
|
Kompetensi Lulusan |
- Menjalin Relasi : Mampu menjalin hubungan interpersonal
- Konsultasi dan Pendidikan : Mampu membantu memecahkan masalah
- Assesment : Mampu melakukan pemeriksaan psikologis dengan benar
- Manajemen dan Supervisi : Mampu mengelola sumber daya manusia yang dihadapi
- Penelitian Evaluasi : Mampu melakukan penelitian dan evaluasi psikologi dengan benar
- Intervensi : Dalam kapasitas sebagai Psikolog mampu memberikan perlakuan untuk menyelesaikan masalah
|
Keunggulan |
|
- Terakreditasi. Program studi ini memiliki akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) sejak 2003
|
- Kurikulum. Memiliki kurikulum bermuatan lokal ke-islaman (tercermin dari berbagai mata kuliah psikologi Islami) dan aplikatif (tercermin dari berbagai mata kuliah yang aplikatif seperti Desain Pelatihan, Pendidikan Anak Usia Dini, Human Resources Information Management, dsb)
|
- Proses Pembelajaran. Proses belajar mengajar sebagian menggunakan cara belajar yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) yang melibatkan banyak praktisi psikologi.
|
- Kolokium Psikologi. Inilah kegiatan ilmiah-aplikatif yang sangat ditunggu-tunggu mahasiswa. Mahasiswa memperoleh kesempatan berdialog dengan praktisi psikologi yang memiliki pengalaman luas.
|
- Laboratorium Psikologi. Ada tiga laboratorium (Psikologi Faal, Psikologi Eksperimen, dan Psikodiagnostik). Lab Psikodiagnostik UII dipandang sebagai salah satu laboratorium psikologi yang terbaik di Yogyakarta dan representatif untuk digunakan dalam kegiatan testing/wawancara Psikologi Profesional.
|
- Jurnal Psikologika. Jurnal ilmiah di bidang psikologi ini adalah salah satu jurnal yang mampu bertahan lama (sejak 1996) yang menjadi salah satu rujukan terpenting dalam dunia ilmiah psikologi di Indonesia.
|
- Alumni. Hingga tahun 2006/2007, telah menghasilkan 1.100 lebih alumni yang bekerja dalam bidang pengembangan SDM, pendidikan, marketing, public relation, militer dan sebagainya di seluruh Indonesia maupun manca negara.
|
|