FPSB UII Jajaki kerja sama dengan Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas

Foto bersama Tim Badan Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas BRIN dengan perwakilan FPSB UII

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB), Universitas Islam Indonesia (UII) kembali memperluas jejaring kerja sama dengan institusi eksternal. Pada kesempatan kali ini, FPSB UII menyambut kunjungan kerja dari Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas (PRBSK) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Penyambutan kunjungan kerja ini dilaksanakan pada hari Rabu (04/09) di Auditorium Gedung FPSB, Kampus Terpadu UII.

Kunjungan kerja yang dikemas dalam forum diskusi semi-formal ini dihadiri oleh Kepala Pusat Riset Bahasa, Sastra, dan Komunitas, Ade Mulyana, S.Pd., M.Hum., yang didampingi oleh Devi Ambarwati Puspitasari, M.Pd., selaku delegasi periset dari PRBSK. Adapun Perwakilan dari FPSB UII yang menyambut dihadiri oleh Dr.Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog selaku Dekan FPSB UII. Turut pula berhadir delegasi dari Program-program studi di FPSB UII serta para Dosen dan tamu undangan internal.

Dekan FPSB, Qurotul Uyun, dalam sambutannya mengungkapkan rasa Syukur dengan kehadiran kunjungan Kerjasama PSBSK BRIN ini, mengingat kesempatan kunjungan ini diharap mampu membuka ruang-ruang kolaborasi yang lebih luas lagi kedepannya. Ia juga menyempatkan diri untuk memperkenalkan para delegasi FPSB UII yang berkesempatan hadir pada saat itu.

Senada, Kepala PRBSK BRIN, Ade Mulyanah, juga menyampaikan ungkapan terimakasihnya atas penyambutan dari FPSB UII dalam kunjungan kerja ini. Ia menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk perpanjangan dari komunikasi yang telah dilakukan antara BRIN dan UII sebelumnya. Ia berharap nantinya BRIN dan FPSB UII dapat melakukan penelitian kolaboratif khususnya yang berkaitan dengan Bahasa dan Sastra. Ia menyebutkan beberapa tema penelitian yang dapat dilakukan bersama FPSB UII seperti riset bahasa dan identitas, Bahasa dan politik, serta bahasa yang dikaitkan dengan topik-topik psikologi, Terakhir, Ia sangat berharap nantinya tim FPSB UII juga dapat melakukan kunjungan serupa ke Kantor Pusat BRIN. “mudah-mudahan nanti setelah ini, karena saya kemarin (baru) bertemu secara virtual, jadi saya belum bertemu langsung dengan bu dekan, mudah-mudahan nanti kedepannya Bu Dekan dapat berhadir juga ke Kantor BRIN” pungkasnya.

Kegiatan selanjutnya berlangsung dengan berjalannya diskusi mengenai program-program yang strategis untuk dilaksanakan. Beberapa delegasi dari FPSB UII juga berkesempatan untuk melakukan brainstorm bersama dengan tim PRBSK BRIN untuk meninjau topik-topik kontemporer yang sedang hangat diperbincangkan. Tidak ketinggalan, beberapa informasi mengenai pendaan riset untuk sivitas akademika termasuk mahasiswa juga dipaparkan oleh delegasi BRIN. (Hizbi/Yopa).