Passage to ASEAN (P2A Ice Cream) 2024: Menjelajahi Budaya Digital dan Lingkungan Perkotaan dalam Ekosistem Kreatif

Program pertukaran pelajar Passage to ASEAN (P2A Ice Cream) 2024 kembali digelar, kali ini dengan tema “AWARE: Exploring Digital Culture and Urban Environment in Creative Ecosystem”. Program yang diinisiasi oleh Prodi Ilmu Komunikasi (Program Internasional) UII bersama Universiti Utara Malaysia (UUM) ini berlangsung selama 11 hari, dari tanggal 19 hingga 29 Agustus 2024.

Perjalanan di Yogyakarta:

Pada hari pertama, 19 Agustus 2024, rombongan peserta dari UUM tiba di Yogyakarta. Keeseokan harinya, 20 Agustus, mereka disambut hangat oleh tim Prodi Ilmu Komunikasi UII di FPSB UII. Di sana, para peserta mengikuti campus tour dan diskusi menarik bersama Dr. Zaki Habibi, membahas “Introduction to Urban Walking Workshop and Multisensory”.

Hari ketiga, 21 Agustus, peserta menjelajahi Malioboro dalam Urban Walking Workshop. Mereka tidak hanya mengamati lingkungan perkotaan, tetapi juga mempraktikkan fotografi jalanan.

Rombongan kemudian bertolak ke Desa Wisata Ledok Sambi pada 22 Agustus, di mana mereka berdiskusi dengan perwakilan Prodi Ilmu Komunikasi UII tentang workshop fotografi. Malam harinya, acara Cultural Night Performance yang meriah menjadi penutup rangkaian kegiatan di Yogyakarta, merangkum keakraban dan kebersamaan antara peserta dan perwakilan Prodi Ilmu Komunikasi UII.

Perjalanan di Kuala Lumpur:

Pada 24 Agustus, giliran perwakilan dari Prodi Ilmu Komunikasi UII yang bertolak ke Kuala Lumpur. Setibanya di Kuala Lumpur International Airport, mereka langsung menuju Sintok, Universiti Utara Malaysia, dan menginap di Inasis Bank Rakyat, salah satu asrama terbesar di UUM.

Keesokan harinya, 25 Agustus, peserta mengunjungi School of Creative Industry Management & Performing Arts (SCIMPA) dan berkesempatan untuk mengikuti sesi fotografi bersama Kelab Kamera Kedah di pekan cina, Alor Star.

Pada 26 Agustus, rombongan melakukan perjalanan wisata ke Pulau Langkawi melalui pelabuhan Kuala Perlis. Pada 27 Agustus, kegiatan workshop bertajuk CIIC Workshop diselenggarakan di Goldsand Hotel Langkawi.

Meningkatkan Kolaborasi dan Keterampilan:

P2A Ice Cream 2024 merupakan wadah untuk memperdalam pemahaman tentang budaya digital dan lingkungan perkotaan dalam ekosistem kreatif, sekaligus meningkatkan kolaborasi antar mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi (Program Internasional) UII dan UUM.

Melalui program ini, para peserta diharapkan dapat mengasah keterampilan dan wawasannya di bidang komunikasi, fotografi, dan budaya digital. Program ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen Prodi Ilmu Komunikasi (Program Internasional) UII dan UUM dalam mengembangkan potensi mahasiswa dan memperkuat hubungan antar negara ASEAN.