PBI Siapkan Guru Mondial

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa untuk menjadi calon guru yang memiliki wawasan global (mondial) dengan bekal konseptual dan praktis yang cukup serta memiliki kemampuan penyesuaian diri terhadap perkembangan jaman, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) secara khusus mengundang Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D pada studium generale yang diselenggarakan khusus bagi mahasiswa Prodi PBI untuk angkatan 2022, Jumat, 11 November 2022 di ruang Audiovisual Fakultas Hukum UII lt.4. Kegiatan dimoderatori oleh Dr. Ista Maharsi, S.S., M.Hum.

Selain menghadirkan Elga Andriana, kegiatan bertema “Teachers Lead the Way: Pathways to Global Future Educators” tersebut juga menghadirkan 3 alumni Kampus Mengajar, yakni Dea Tri Sulistia (SMP Negeri 1 Mande, Cianjur, Jawa Barat), Meliani Anisa (SMP Pandu Nusantara, Cianjur, Jawa Barat) serta Jumi’atul Arpian (SD Negeri 15 Woja, Dompu, NTB).

Elga Andriana pada sesi pertama tersebut banyak menyampaikan tentang pentingnya menyiapkan masa depan sejak awal dengan melakukan visualisasi. Visualisasi inilah yang kemudian diharapkan akan menuntun mahasiswa melakukan langkah-langkah penting dan strategis agar bisa mencapainya.

Elga Andriana juga menambahkan bahwa guru masa depan banyak memiliki tantangan, seperti tuntutan  harus selalu open mind, mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membangun karakter cara belajar anak dan juga melakukan pengajaran yang lebih berorientasi pada siswa.

Sedangkan pada sesi kedua, kegiatan diisi dengan berbagi pengalaman yang disampaikan oleh tiga mahasiswa alumni Kampus Mengajar  dan dimoderatori oleh Chintya Arlita, S.Pd.

Senada dengan apa yang disampaikan Elga Andriana, S.Psi., M.Ed., Ph.D, ketiga alumni Kampus Mengajar juga menyampaikan tips dan persiapan yang dilakukan untuk berhasil lolos mengikuti program Kampus Mengajar.

Ketiganya juga sepakat bahwa sangat penting bagi mahasiswa untuk menyiapkan masa depan sejak tahun pertama perkuliahan dengan melakukan pengelolaan atau pengaturan waktu secara baik, aktif berorganisasi dan tetap menjaga performa studi.