Prodi Ilmu KOmunikasi Kaji Tantangan Film dan Industri Kreatif di Era Global

Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) berkolaborasi dengan Universitas Utara Malaysia (UUM), Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) dan juga Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia menggelar Annual Workhsop on Globalization, Rabu, 16 November 2022 di Auditorium Gedung Moh. Hatta (Perpustakaan UII). Kegiatan yang mengangkat tema perfilman dan industri kreatif di era global ini menghadirkan Dr. Ahmad Hisham Zainal Abidin (UUM), Assoc. Prof. Dr. Nur Kareelawati Abd Karim (USIM) serta Dr. Zaki Habibi (UII) sebagai pembicara. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni, Nizamuddin Sadiq, S.Pd., M.Hum., Ph.D tersebut juga dimoderatori oleh Nadia Wasta Utami, S.I.Kom., M.A.

Melalui paparannya yang mengangkat tema “Film Industry in Malaysia and Global Challenges”, Ahmad Hisham Zainal Abidin banyak menyampaikan perkembangan dan juga tantangan dalam proses industri dunia per-film-an di Malaysia.  Beberapa tantangan besar diantaranya adalah kebutuhan skrip atau naskah film yang berkualitas tinggi, ketersediaan skrip film yang lebih banyak, penelitian lebih lanjut terkait perilaku penonton, maupun pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal untuk meningkatkan kemudahan dan juga kenyamanan dalam menikmati tayangan film.

Dekan Sekolah Manajemen Insdustri Kreatif dan Seni Pertunjukan Universiti Utara Mallaysia itu manambahkan bahwa industri perfilman di Malaysia bisa melampaui lokalitasnya manakala aspek alur cerita, pemilihan genre dan juga anggaran mendapatkan pertimbangan yang lebih serius. Faktor lain adalah keterlibatan perguruan tinggi dalam memberikan bantuan edukasi kepada para pelaku industri perfilman.

Sedangkan Nur Kareelawati Abd Karim dan Zaki Habibi masing-masing menyampaikan materi bertema “Creative Labour in The Screen Industries” dan “The Cosmopolitan Festivities in The Vibrant Cities-Why Film Festival Matters to the City?”.