TIM PKM-K FPSB UII CIPTAKAN INOVASI MENTAL HEALTH KIT SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI UNTUK MENGELOLA EMOSI NEGATIF

Dewasa ini, masyarakat Indonesia dilanda oleh beragam permasalahan. Permasalahan tersebut salah satunya berupa kondisi yang tidak stabil akibat pandemi sehingga membuat masyarakat tertekan, stres hingga depresi. Menurut data terbaru dari hasil survei kesehatan mental melalui swaperiksa yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) (2022) selama masa pandemi Covid-19 dari Maret 2020 hingga Maret 2022 dengan jumlah responden sebesar 14.988 orang, dikatakan bahwa 75% responden memiliki permasalahan psikologis, 71,7% responden memiliki permasalahan kecemasan, 72,9% responden memiliki permasalahan depresi, 84% memiliki permasalahan trauma psikologis dan 85,1% responden memiliki kecenderungan untuk bunuh diri. Sedangkan berdasarkan data hasil Riskesdas (2018) mengatakan bahwa di Indonesia kasus cemas dan depresi memiliki angka prevalensi yang cukup tinggi, yakni sebesar 64,3 %. Sedangkan pada usia remaja (15-24 tahun) kasus depresi memiliki prevalensi sebesar 6,2% dan gangguan emosional memiliki prevalensi sebesar 9,8%.

Dari permasalahan tersebut menginspirasi beberapa mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) untuk menciptakan inovasi berupa mental health kit yang dapat diaplikasikan untuk meredakan emosi negatif. Inovasi produk ini kemudian diberi nama HERE (Healing Your Emotions). Kelompok mahasiswa tersebut diketuai oleh Ardhito Faza Akhnaf bersama empat orang anggota, yakni Resdiyanti Permata Putri, Afifah Nisa Fauziah, Raudah Rakhmah Yumi, dan Indah Nurul Ramadhan Khairani serta dibimbing langsung oleh Libbie Annatagia, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Kegiatan ini mendapat dukungan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang, tahun 2022.

Menurut Ardhito, HERE merupakan produk usaha yang memiliki potensi peluang yang selalu terbuka dan sangat menjanjikan sebab grafik masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mental khususnya berkaitan dengan emosi negatif seperti cemas, marah dan lain-lain terus meningkat setiap tahunnya. Kondisi tersebut memberi peluang untuk mengembangkan produk yang dapat menjadi media terapis sederhana bagi masyarakat sekaligus menjadi peluang usaha yang menajnjikan.

Produk mental health kit HERE dirancang untuk membantu masyarakat dalam mengelola emosi negatif. Produk HERE sendiri terdiri dari Healing Book, Cathartic Squishy Keychain, Healing Cards, dan Emotion Stickers. Seluruh produk HERE juga telah diawasi langsung oleh dosen pendamping yang juga merupakan seorang psikolog klinis agar menghasilkan produk yang tepat guna.

Masing-masing dari produk mental health kit HERE memiliki fungsinya tersendiri. Healing Book memiliki fungsi sebagai yang dapat digunakan untuk menuliskan, mengekspresikan ataupun meluapkan emosi yang dirasakan. Cathartic Squishy Keychain sebagai media katarsis yang dapat diremas ketika sedang merasakan emosi negatif. Healing Cards sebagai yang berisi kalimat afirmasi positif yang dapat meningkatkan kesadaran diri. Terkahir Emotion Stickers yang dapat digunakan sebagai aksesoris pelengkap untuk mewakili perasaan pengguna yang bisa ditempelkan pada Healing Book atau pada media lain.

Produk mental health kit ini hadir dengan menawarkan berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan produk mental health kit lainnya, seperti harga yang lebih terjangkau dan kualitas produk yang tetap terjaga. Produk ini juga memiliki desain yang menarik, mudah dan praktis digunakan kapanpun dan di manapun.

Melalui inovasi mental health kit ini, harapannya dapat menjadi media yang tepat dan bermanfaat untuk kesehatan mental masyarakat terutama yang berkaitan dengan pengelolaan emosi negatif. Jika digunakan secara rutin, maka manfaat yang dapat dirasakan akan semakin besar bahkan dapat mengurangi angka gangguan psikologis setiap tahunnya di Indonesia. Selain itu, dengan adanya produk ini juga diharapkan dapat menjadi peluang usaha baru serta ikut andil dalam memajukan sektor ekonomi masyarakat di Indonesia.

Bagi civitas UII atau masyarakat umum yang berminat, produk ini sudah dapat dipesan melalui media sosial Instagram @kits.here, melalui market place (Shopee & Tokopedia) atau dapat mengakses tautan berikut https://linktr.ee/kits.here.