Dampak Pandemi Covid-19 memang sangat berpengaruh atau berdampak pada berbagai sektor kehidupan. Dimulai dengan dilema pemerintah untuk menyelamatkan ekonomi atau kesehatan masyarakat, berkembang menjadi runtuhnya tata kelola, sistem layanan kesehatan, dan/atau resesi ekonomi. Tanggapan dari pemerintah beragam dan langkah-langkah untuk mengatasi pandemi tetap tidak pasti. Dengan begitu banyak ketidakpastian, kelangsungan hidup menjadi hal yang sangat penting di tengah situasi pandemi kritis.

Oleh karenanya, dalam rangka mengkaji pandemi dari berbagai perspektif dan merekomendasikan kebijakan berbasis bukti untuk secara efektif dalam menanggapi peristiwa bencana, Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia bekerjasama dengan Embun Kalimasada menggelar sarasehan webinar series bertema Islam dan Pandemi, Sabtu, 13, 20 dan 27 Februari 2021.

Pada seri pertama, sarasehan membahas tentang Framing the Covid 19: an Islamic Perspective dengan menghadirkan Dr. Nassef Manabilang Adiong (Associate Professor, institute of the Islamic Studies, University of the Phillippines, Diliman, Phillippnines), Dr. Hamid Asraf, MD., DM ( Director, Rajif Gandhi Center for Diabetes and Endocrinology, Jawahral Nehru Medical College, Aligarh Muslim University, Aligarh, India) dan Dr. Zaenal Muttaqin (Associate Professor, Vice Dean of General and Financial Affairs, Faculty of Ushuluddin and Dakwah IAIN, State Institute for Islamic Studies, Surakarta, Indonesia sebagai pembicara.

Sedangkan pada sarasehan seri ke-2 bahasan yang diangkat adalah Socio-Political, Economic Challenge & Opportunity dengan pembicara Dr. Farhan Mujahid Chak (Associate Professor, Political Science, Qatar University, Qatar), Dr. Heba Raouf Ezzat (Assistant Professor, Political Theory and Civilization Studies, Ibn Haldun University, Turkey), Dr. Daniel Mohd Yusuf (Deputy Dean – Academic and Research-, International Instituteof Islamic Thought and Civilization, IIUM, Malaysia) serta Priyonggo Suseno, S.E., M.Sc. (Assistant Professor, Faculty of Business and Economics, Universitas Islam Indonesia.

Pada seri ke-3 nanti atau tepatnya 27 Februari 2021 sarasehan dijadwalkan akan membahas tentang Be Policy of Innovations Are Made The Pandemic and Muslim Countries tentu dengan pembicara-pembicara yang juga sangat kompeten di bidangnya.