“Alhamdulillah… Saya sangat bersyukur atas selesainya studi pada program doktor di UI.  Allah banyak memberikan kemudahan dan pertolongan dan juga banyak pihak yang memberikan dukungan, semangat dan kasih sayang yang tulus.” Demikian ungkapan rasa syukur Retno Kumolohadi, S.Psi., M.Si., Psikolog yang berhasil menyelesaikan studi S3 (Program Doktoral) di Universitas Indonesia.

Beliau berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Religiusitas dan Pembuatan Keputusan Etis Mahasiswa : Peran Mediator Karakter Moral, Konformitas dan Kepatuhan pada Figur Otoritas dengan promotor/pembimbing  Prof.Dr.Frieda Mangunsong Siahaan M.Ed. Psikolog dan ko-promotor: Dra. Julia Suleeman, M.A. M.A. Ph.D. di hadapan dewan penguji yang terdiri dari D. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A., Psikolog, Prof. Bernadette N. Setiadi, Ph.D., Psikolog, Dra. Clara R.P. Ajisuksmo, M.A., Ph.D., Psikolog, Dr. Sri Redatin Retno Pudjiati, M.Si., Psikolog, Dr. ElizabetKristi Poerwandari, M.Hum., Psikolog serta Dr. Bagus Takwin, M. Hum., Psikolog pada ujian terbuka secara daring, Senin, 18 Januari 2021.  Beliupun berhak memperoleh gelar Doktor (Dr.)

Dari capaian tesebut, beliau berharap agar studi yang dilakukan dalam disertasi tersebut dapat dikembangkan lagi untuk penelitian-penelitian lebih lanjut.