Seperti halnya penyambutan mahasiswa baru pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2019 ini pun lembaga kemahasiswaan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar kegiatan Semarak Ta’aruf Mahasiwa Penuh Makna (SERUMPUN) dengan mengangkat tema “Jiwa yang berbudaya, raga yang beradat”, pada  20-21 Dzulhijjah 1440 H/21-22 Agustus 2019. Kegiatan SERUMPUN sendiri diawali dengan Pra SERUMPUN pada 19 Dzulhijjah 1440 H/18 Agustus 2019. Sesuai dengan tema yang diangkat, maka sesi opening ceremony SERUMPUN pun dibuka dengan penampilan tari Borneo Malenggang yang dikemas sedemikian rupa hingga bisa menggambarkan keanekaragaman budaya Indonesia yang begitu kaya.

Sesaat kemudian, ketua OC, ketua SC, Ketua LEM, Ka. DPM , dan Dekan FPSB UII tampil untuk menyampaikan sambutannya. Dalam sambutan ini, ketua OC, Yusril Ihza Muhammad mengingatkan agar sebagai mahasiswa baru  (maba) nantinya tidak hanya melulu terpaku pada proses belajar mengajar di kelas tapi juga peduli untuk membela kebenaran dan keadilan. Demikian juga dengan ketua SC, Syafran Muhammad, Ketua LEM, Mu’af  Saidi maupun ketua DPM, Ahmad Turmudzi pun menghimbau agar mahasiswa nantinya bisa berkontribusi aktif demi kemajuan bangsa sembari tetap menghargai budaya bangsa yang ada.

Sedangkan Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog dalam sambutannya mengingatkan tentang tujuan didirikannya UII oleh para tokoh bangsa waktu itu, yakni untuk menghasilkan para lulusan yang memiliki ilmu agama (ulama), berpengetahuan luas dan dinamis. Hal ini pun sama dengan apa yang diharapkan oleh orangtua mahasiswa (hasil survey saat pertemuan orangtua/wali mahasiswa).  Tak lupa para maba juga diajak mengenal lebih dekat tentang fakultas, prodi maupun lembaga kemahasiswaan untuk kemudian berlanjut ke mengikuti acara Studium General (SG) bertema “Menanamkan jiwa berbudaya dan beradat pada mahasiswa/I baru FPSB UII di era revolusi industri 4.0” yang disampaikan oleh R. Arifan.

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan senam pagi dan sarapan soto bersama dosen dan karyawan FPSB UII sebelum akhirnya mereka sharing budaya bersama Yayasan Kampung Halaman. Acara berlanjut dengan FGD dan Social Project berupa pembuatan bank sampah sederhana dari bekas ember cat untuk lingkungan sekitar kampus. Kegiatan ditutup dengan pentas seni di gedung auditorium Abdul Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII.