Sekitar 5.791 cendekiawan muda atau mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia (UII) hadir dan mengikuti  Kuliah Perdana bertema Pemimpin Masa Depan, Mari Siapkan Diri pada hari Selasa, 13 Agustus 2019 di Gedung Auditorium Prof. Abdul Kahar Muzakkir di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII). Dalam kuliah umum  ini, panitia menghadirkan News Anchor NET TV sekaligus sosok yang pernah menjadi moderator Debat Capres V Tahun 2019, Tomy Ristanto.

Dalam paparannya, alumni FH UII angkatan 2000 tersebut mengajak peserta untuk benar-benar menyiapkan masa depan dengan baik. “Sejak kuliah saya mempersiapkan diri dengan sungguh2. Saya memang mahasiswa Fakultas Hukum. Namun pada semester akhir saya ingin memiliki wawasan global. Dan akhirnya saya menemukan salah satu caranya yakni menjadi seorang wartawan. Menjadi wartawan itu akan memiliki informasi yang lebih dulu dibandingkan dengan orang lain”, paparnya.

Selanjutnya, kepada peserta Tomy mengingatkan bahwa kesuksesan itu tidak bisa diraih secara instan. Melainkan butuh pengrobanan, butuh perjuangan dan proses. “Selamat kepada adik-adik sekalian. Kalian sudah menemukan rumah yang tepat untuk belajar, berdinamika dalam rangka menjadi insan-insan ulil albab”, tambahnya.

Tomy juga memberikan tips sebagai persiapan menjadi pemimpin masa depan dengan istilah SAH (Smart, Agile, Heart). Smart diartikan sebagai kepintaran atau menjadi mahasiswa yang pintar dengan cara rajin belajar. “Semua bisa dilatih. Semua bisa dipelajari. Tidak ada orang yang bodoh, yang ada adalah orang yang malas”, tegasnya.  Selain pintar, mahasiswa juga diharapkan lincah (agile) dalam menghadapi setiap masalah. Jangan mudah menyerah dan yakin bahwa segala masalah ada jalan keluarnya. Dan yang terakhir yang harus dimiliki atau disiapkan adalah heart, yang dimaknai dengan niatan bahwa segala sesuatu yang diupayakan semata untuk beribadah pada Allah dan diniatkan menjadi orang yang berhati nurani, menghargai teman, guru dan orangtua.