Ketua DPW IKA UII Wilayah Yogyakarta, Didik Nur Dewantara melantik kepengurusan  IKA Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang diberi nama Ruang Interaksi Alumni Komunikasi (RELASI), Minggu/Ahad, 7 Ramadhan 1440 H/12 Mei 2019 di Hotel Eastparc Yogyakarta. Tampak hadir sekaligus turut menyaksikan prosesi ikrar/janji pengurus serta menandatangani SK Kepengurusan IKA RELASI bersama ketua DPW IKA UII Wilayah Yogyakarta tersebut adalah Wakil Rektor III UII Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni., Dr. Drs. Rohidin, M.Ag., dan Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog.

Kepada pengurus IKA RELASI yang diketuai oleh Muhammad Chandar Kurniawan tersebut Wakil Rektor III UII berpesan agar para alumni lebih aktif berkontribusi, baik pada bangsa, negara, UII, dan khususnya pada Jurusan/Prodi saat menghadapi proses-proses akreditasi yang senantiasa meminta informasi terkait kontribusi alumni pada kampus dan masyarakat. “Sejauh mana alumni berkontribusi dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Jadi, akreditasinya tidak hanya oleh BAN PT tapi juga oleh masyarakat”, ungkapnya.

Sedangkan ketua DPW IKA UII Wilayah Yogyakarta menegaskan adanya tanggung jawab besar yang diemban oleh para pengurus IKA RELASI usai prosesi pelantikan tersebut. “Adik2 punya tanggung  secara pribadi maupun kolegial. Harus bisa membawa nama baik fakultas khususnya dan universitas pada umumnya. Di berbagai daerah juga sudah terbentuk pengurus IKA UII. Semoga bisa menjaling hubungan yang baik (saling menopang)  sehingga tidak terkesan berjalan sendiri-sendiri”, pinta Didik Nur Dewantara.

Senada dengan dengan ketua DPW IKA UII Wilayah Yogyakarta, Dekan FPSB UII pun mengingatkan agar ikrar atau sumpah yang diucapkan tidak dianggap sebagai ucapan main-main namun bisa menjadi landasan komitmen untuk berbuat baik pada bangsa dan UII.

“Sumbangan yang saya harapkan adalah hal2 yang terkait dengan pengusunan kurikulum, seperti penyediaan tempat magang, membantu saat pelaksaan visitasi akreditasi BAN PT dan juga membantu proses sertifikasi jurusan/prodi seperti halnya sertifikasi ASEAN (AUN QA). Semua mebutuhkan kehadiran alumni”, paparnya.

Selebihnya Dekan FPSB UII berharap agar para alumni bisa saling memiliki ikatan yang erat atau bisa saling membantu/memberdayakan dengan berbagi kesempatan dalam memperoleh pekerjaan-pekerjaan formal (instansi/perusahaan) maupun pekerjaan yang sifatnya proyek (dalam jangka waktu tertentu).

Acara pelantikan berlanjut dengan agenda Buka Puasa Bersama yang diikuti oleh alumni Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII bersama pengurus IKA RELASI