PBI adakan Workshop on Teaching: Modelling and Scaffolding

Sebuah program pre-service teacher trainingbernama EPIC, yaitu Empowered, Prepared, Inspired, and Connected diselenggarakan oleh divisi pendidikan Kedutaan Amerika Serikat-RELO (Regional English Language Office) untuk mahasiswa, alumni dan juga dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa, 10 Sya’ban 1437 H/17 Mei 2016.

 

Kegiatan dalam bentuk sharing session bertajuk Workshop on Teaching: Modelling and Scaffoldingberlangsung lebih kurang 120 menit dan difasilitasi atau diampu langsung oleh salah seorang fasilitator EPIC program yaitu Sean Stellfox, M.A., yang berkolaborasi dengan ketua Prodi PBI, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum dan alumni EPIC Camp 2016, Rahma Nuzulia. 

Dalam kesempatan itu, Rahma Nuzulia banyak berbagi pengalaman selama dirinya mengikuti program EPIC Camp: Pre-service teacher training di Bukittinggi. Dengan penuh semangat Rahma memaparkan tahapan dan prosedur seleksi maupun kegiatan yang diikuti. Menurutnya banyak benefits atau keuntungan yang diperoleh dari program EPIC tersebut, seperti  menimba ilmu English Language Teaching dari para master teacher dan trainer yang bertindak sebagai fasilitator program. Rahma berharap agar adik-adik angkatannya pun mau dan bisa mengikuti program berbasis beasiswa pelatihan tersebut di tahun yang akan datang.

Puas mendapat pengalaman dari Rahma, peserta mendapat materi tak kalah menarik tentang teknik scaffolding untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa asing yang disampaikan oleh Sean Stellfox sebelum akhirnya sesi workshop ditutup dengan memberikan beberapa contoh aktivitas refleksi pembelajaran (learning reflection) sebagai bagian dari evaluasi mengajar guru. 

“Ke depan prodi berharap akan semakin banyak mahasiswa PBI UII yang terpilih untuk berpartisipasi dalam kegiatan pengayaan teaching-learning seperti EPIC Camp yang diselenggarakan oleh RELO-US Embassy tersebut. Prodi sangat mengapresiasi prestasi Rahma sebagai alumni EPIC Camp 2016 dan berterima kasih atas peran aktif dan kontribusinya dalam membagikan ilmu, semangat dan pengalamannya”, ungkap Ketua Prodi PBI, Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum