Alumni FPSB dapat Bekal Teknik Komunikasi dan Negosiasi

Teknik komunikasi efektif dan juga teknik negosiasi menjadi tambahan pengetahuan yang diperoleh oleh para wisudawan/wisudawati Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang diwisuda pada hari Sabtu, 13 Juni 2015. Para alumni mendapatkan kedua materi tersebut dalam sebuah acara pembekalan calon alumni satu hari jelang wisuda atau tepatnya hari jumat, 12 Juni 2015. Materi disampaikan oleh salah satu alumni Prodi Psikologi FPSB UII yang juga masih tercatat sebagai mahasiswa Program Magister Psikologi Profesi FPSB UII, Walid Jumlad, S.Psi.

Dalam paparannya, pemilik sapaan Walid tersebut banyak menceritakan pengalamannya selama menjadi staf HRD pada sebuah perusahaan bonafit di Pulau Batam. Menurutnya, dibutuhkan teknik-teknik berkomunikasi yang baik dan juga kemampuan negosiasi yang mumpuni untuk memperoleh hasil atau mencapai sebuah tujuan. Jika keduanya bisa dikuasai, maka bisa dipastikan juga akan memperkecil potensi konflik yang bisa terjadi pada sebuah perusahaan atau bahkan di luar perusahaan.

Sedangkan untuk manajemen konflik, Walid lebih mengedepankan proses pencegahan daripada musyawarah atau hukum. Namun demikian, musyawarah juga masih menjadi alternatif terbaik untuk menyelesaikan konflik dibanding dengan menempuh jalur hukum.