Membuat atau mengembangkan materi pembelajaran bahasa Inggris (listening and speaking) ternyata bisa dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Hal tersebut dipraktekan langsung oleh Dat Bao, Ph.D dalam acara workshop bertema ‘Material Development for Listening and Speaking Class’ bagi guru-guru bahasa Inggris, Jumat, 12 Desember 2014 di Gedung Moh. Hatta (perpustakaan pusat) UII. Akademisi asal Vietnam yang saat ini tercatat sebagai pengajar di Monash University tersebut menyampaikan materinya dengan menggunakan media gambar kartun yang cukup menarik.

 

Dengan beberapa klu berupa gambar kartun, peserta diajak untuk menebak dan sekaligus menceritakan apa yang terjadi dalam gambar tersebut. Tebakan-tebakan itulah yang membuat suasana workshop menjadi begitu cair dan menyenangkan.

“Saya senang sekali mengikuti workshop english for teacher ini. Banyak sekali yang saya dapatkan dari workshop ini, baik pengetahuan baru maupun teman baru. Harapan saya semoga acara semacam ini terus berjalan ntah satu tahun sekali gimana dan publikasinya lebih luas” ungkap salah seorang peserta asal Universitas Widya Dharma Klaten.