LDF JAFANA

JAMA'AH FATHAN MUBINA (JAFANA)

 

     Pusat Dakwah Fakultas Jamaah Fathan Mubina (Jafana) adalah lembaga khusus Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII yang bertugas melaksanakan dakwah Islamiyah di lingkungan fakultas dan masyarakat sekitarnya. Aktivitasnya adalah pendampingan dan latihan kepemimpinan mahasiswa baru, syiar dalam kampus, dan pengembangan komunitas.

1.  Pendampingan mahasiswa baru adalah aktivitas memperkuat dasar-dasar keagamaan dan kepemimpinan mahasiswa. Ada dua aktivitas khusus yang dilakukan, yaitu pendampingan mahasiswa baru semester pertama berupa penguatan kemampuan baca tulis al-Qur'an dan praktik ibadah plus akhlak. Di semester kedua mahasiswa diikutsertakan dalam kegiatan latihan kepemimpinan Islam yang dimaksudkan untuk menguatkan potensi kepemimpinan mahasiswa.

2     Salah satu aktivitas penting untuk syiar kampus adalah mensosialisasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan antar manusia. Hal ini dilakukan melalui aktivitas ceramah, penerbitan newsletter, maupun penyebaran pesan-pesan singkat keagamaan. Hal lain yang dilakukan dalam syiar Islam adalah menghidupkan shalat berjamaah dhuhur dan ashar di Mushalla Baitul Hadi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Pada waktu dhuhur dan ashar, dosen, karyawan dan mahasiswa memenuhi mushalla untuk shalat berjamaah. Pada saat ini jamaah shalat dhuhur di Mushalla selalu ramai dan diminati banyak orang. 

3.  Aktivitas lain adalah pengembangan komunitas. Pengembangan komunitas adalah bentuk aktivitas dakwah bil hal. Tidak hanya aktivitas ceramah, tapi upaya-upaya lain yang menggunakan terutama ilmu psikologi dan ilmu komunikasi, untuk mengembangkan potensi-potensi masyarakat

4.  Jafana juga tergerak untuk menyelenggarakan acara khusus, seperti halnya doa bersama untuk sahabat yang meninggal dunia maupun doa bersama menjelang UTS/UAS..