NILAI PLUS FPSB

       Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII berupaya mengembangkan pribadi mahasiswa melalui jalur kurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan kurikuler berlangsung di dalam kelas, laboratorium, perpustakaan, dan sebagainya. Sementara kegiatan ekstra kurikuler dilakukan melalui kegiatan organisasi, kepanitiaan, penelitian, diskusi, seni, olahraga, keagamaan, jurnalistik, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan mahasiswa sebagian diselenggarakan oleh lembaga kemahasiswaan, dan sebagian lainnya diselenggarakan oleh Fakultas. Penjelasan ini hanya berkaitan dengan kegiatan yang diselenggarakan dekanat Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII.

 1.      Program Pendampingan dan Mentoring

Program pendampingan mahasiswa baru (PPMB) adalah sebuah nama program yang dimaksudkan untuk membantu memahami dan mengarahkan mahasiswa baru sebagai muslim dan sebagai mahasiswa psikologi. Kegiatan ini diadakan seminggu sekali sepanjang semester pertama kuliah di Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII. Program ini diharapkan dapat dinikmati mahasiswa baru sehingga tumbuh menjadi pribadi yang berprestasi, mandiri, bermasa depan, dan dapat menghalau pengaruh-pengaruh buruk. Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, sebagai bagian dari mahasiswa Universitas Islam Indonesia, diharapkan memiliki akhlak yang baik (akhlaqul karimah). Pada semester kedua, setiap mahasiswa baru mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Islam Dasar (LKID). Kegiatan ini dilakukan dengan sistem training. Tujuannya adalah memampukan mahasiswa untuk mampu memimpin dan mengelola diri dan orang lain. Kegiatan LKID ini setara dengan dua SKS matakuliah biasa atau 24 jam.

Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Pusat Dakwah Fakultas Jamaah Fathan Mubina (Jafana). Jafana mengkoordinasikan para pendamping, pendamping inilah yang setiap saat siap mendampingi mahasiswa baru untuk melakukan proses penyesuaian diri di Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII

2.      Pengembangan Penalaran Mahasiswa

Kegiatan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya yang menjadi andalan adalah pengembangan penalaran. Penalaran mahasiswa dilakukan dengan berbagai kegiatan penelitian dan diskusi. Penelitian mahasiswa adalah salah satu kegiatan yang dipandang sangat penting di Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII ini. Berbagai upaya dilakukan untuk menyiapkan mahasiswa untuk menjadi peneliti, seperti pelatihan metodologi penelitian, sarasehan karya tulis, presentasi proposal, pembimbingan, dan seterusnya.

Untuk mentradisikan kegiatan penelitian ini, setiap tahun (sejak tahun 2001), tepatnya pada bulan Januari – Maret, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII menggelar Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM). Pemenang dari lomba ini berhak memperoleh hadiah yang memadai dan direkomendasikan untuk mengikuti LKTM tingkat Universitas, D.I. Yogyakarta, Wilayah Indonesia, dan Tingkat Nasional. Selama bertahun-tahun mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya menunjukkan dirinya cukup kompetitif ketika mengikuti berbagai lomba pada level yang lebih tinggi. Beberapa kali mahasiswa psikologi ikut lomba sampai dengan level Indonesia Tengah.

Selain itu, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII juga memiliki komitmen untuk mengembangkan penalaran mahasiswa dengan mendorong mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan ilmiah tingkat nasional. Seperti diketahui, di tingkat nasional Dirjen Dikti Depdiknas mengadakan berbagai jenis lomba, seperti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Yang dilakukan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII adalah mengadakan kompetisi internal. Hasilnya, proposal yang laik akan diberi hadiah dan difasilitasi untuk dikirim ke lomba tingkat nasional di atas. Sejauh ini beberapa proposal mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII dibiayai oleh Dirjen Dikti Depdiknas untuk mengikuti lomba tingkat nasional tersebut

 

3.      Anugerah Prestasi Mahasiswa

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII diharapkan dapat dijadikan tempat penggodokan (kawah candradimuka) untuk menuai prestasi. Upaya yang dilakukan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII adalah memberi dukungan, dorongan, penghargaan, dan dalam batas tertentu memberikan fasilitas.

Salah satu upaya kongkrit yang dilakukan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya  UII adalah memberikan penghargaan kepada mahasiswa. Nama penghargaan yang mulai diberikan semenjak tahun 2002 ini adalah Anugerah Prestasi Mahasiswa. Penghargaan ini diberikan terhadap prestasi kumulatif mahasiswa selama satu tahun. Khususnya untuk pemberian penghargaan mahasiswa teladan, penilaian didasarkan pada prestasi kumulatif selama tiga tahun.

Ada beberapa jenis penghargaan, yaitu mahasiswa teladan/berprestasi utama, mahasiswa berprestasi bidang penelitian/karya ilmiah, mahasiswa berprestasi bidang komunikasi/publikasi, mahasiswa berprestasi bidang kesenian, mahasiswa berprestasi bidang olahraga, mahasiswa berprestasi bidang pembimbingan dan pendampingan.

Syarat umum dari pemberian penghargaan itu adalah: Mahasiswa yang bersangkutan tercatat aktif sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII. Bahan-bahan prestasi yang dinilai adalah prestasi yang dicapai dalam satu tahun terakhir sebelum pemberian penghargaan. Khusus untuk pemilihan mahasiswa teladan, bahan yang dinilai adalah tiga tahun terakhir. Mahasiswa mendaftarkan bahan-bahannya ke Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII.

Syarat khusus, untuk penghargaan di atas adalah sebagai berikut:

  • Penghargaan bagi mahasiswa teladan/berprestasi utama diberikan pada mahasiswa yang memiliki indeks prestasi kumulatif tinggi, memiliki karya tulis, aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler, dan mampu berbahasa Inggris.

  • Penghargaan bagi mahasiswa berprestasi bidang penelitian/karya ilmiah diberikan pada mahasiswa yang memiliki karya tulis ilmiah melalui riset pustaka dan riset lapangan, dan atau memperoleh penghargaan dari lomba karya tulis ilmiah, dan atau aktif menjadi staf/asisten penelitian.

  • Penghargaan bagi mahasiswa berprestasi bidang komunikasi/publikasi diberikan pada mahasiswa yang memiliki tulisan di media massa (lokal/maupun nasional) dan atau makalah yang dipresentasikan dalam kegiatan ilmiah/pengabdian masyarakat dan atau pendapat-pendapatnya dikutip oleh media massa.

  • Penghargaan bagi mahasiswa berprestasi bidang kesenian diberikan pada mahasiswa yang memiliki karya seni, dan atau memenangkan lomba/memperoleh penghargaan di bidang kesenian, aktif dalam kegiatan kesenian.

  • Penghargaan bagi mahasiswa berprestasi bidang olahraga diberikan pada mahasiswa yang memenangkan lomba/pertandingan olahraga.

  • Penghargaan bagi mahasiswa berprestasi bidang pendampingan atau pembimbingan diberikan pada mahasiswa yang aktif sebagai asisten atau pendamping kegiatan mahasiswa, baik intra kurikuler maupun ekstra kurikuler.

Penghargaan yang diberikan setiap tahun ini hanya diberikan bila ada yang benar-benar berprestasi dalam bidang-bidang tersebut. Penghargaan diberikan setiap bulan April atau Mei

4.    Beasiswa

Bagi mahasiswa yang cukup berprestasi, terdapat berbagai macam beasiswa, baik yang berasal dari internal UII maupun mitra-mitra UII yang lain.

5.   Ikatan Alumni

Untuk memperkuat alumni agar dapat mengamalkan ilmunya lebih lancar, ada beberapa persiapan yang diberikan kepada alumni. Kegiatan pertama adalah pembekalan kerja yang dilaksanakan setiap yudisium sarjana psikologi baru. Tampil sebagai pengisi materi adalah para alumni Prodi Psikologi Fakultas Psikologi yang telah bekerja dalam berbagai bidang kerja psikologi. Materi yang disampaikan adalah pengalaman mencari  pekerjaan atau pengalaman membuka pekerjaan, aktivitas-aktivitas yang menarik yang mereka alami saat mereka bekerja, dan berbagai peluang kerja.  Dalam kegiatan ini diharapkan wawasan tentang dunia kerja di awal masa kerja dan berbagai peluang di masa depan dapat dimiliki alumni.

Kegiatan lain yang dihidupkan oleh Prodi Psikologi Fakultas Psikologi adalah Pelatihan Kewirausahaan. Prodi Psikologi UII mendorong para alumninya untuk tidak hanya mampu mencari kerja, tapi mampu menciptakan peluang kerja, oleh karena itu perlu dilakukan upaya agar alumni memiliki pengetahuan dan skill tentang bagaimana membuka lapangan kerja.   

Training for trainers adalah kegiatan berikutnya yang dipandang penting diikuti oleh alumni atau calon alumni Prodi Psikologi Fakultas Psikologi UII. Salah satu lahan kerja yang cukup menarik bagi sarjana psikologi adalah memberikan training.

Terakhir, di Prodi Psikologi Fakultas Psikologi UII terdapat wadah untuk alumni yang diberi nama Forum Silaturrahmi Alumni Prodi Psikologi Fakultas Psikologi UII. Ikatan ini berdiri sejak tahun 2001 bertujuan untuk menjalin komunikasi antar alumni dan antara alumni dengan Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia, adanya Ikatan Alumni diharapkan dapat menguatkan kemampuan profesional alumni Prodi Psikologi Fakultas Psikologi UII.