Berproses dan berbagi: sebuah cerita dari mahasiswa psikologi UII

Mahasiswa psikologi UII kembali mengukir prestasi. Tim yang terdiri dari Hanna, Ardhito, dan Erico berhasil menjadi juara pertama karya ilmiah dalam SDG Awards. Event yang terbuka untuk umum ini diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara pada tanggal 11 Maret-31 Mei 2021.

Hanna semula tidak sengaja mendapatkan info lomba dari grup LINE. Lalu, ia mengajak Erico untuk bekerja sama dengannya pada lomba ini. Merasa keberatan jika hanya berdua, tim ini memutuskan untuk mengajak satu orang lagi. Akhirnya, tim ini diperkuat oleh Ardhito untuk mengisi kekosongan tim.

“Kalau pas lomba, ada nama Ardhito yang selalu ada di lomba yang aku ikuti. Kalau Erico teman dari semester satu. Jadi aku tahu bagaimana ritme kerjanya, dan itu cocok sama ritme kerjaku”, ujar Hanna selaku ketua tim.

Kepiawaian Hanna dalam memilih rekan tim dan kerja sama yang baik antar anggota berbuah manis. Paper yang berjudul “Aktivitas Fisik dan Kesejahteraan Psikologis pada Populasi Dewasa Selama Masa Pandemi Covid-19 : A Systematic Review” merupakan studi literatur dengan rentang umur subjek 19-64 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah agar pembaca menyadari pentingnya aktivitas fisik dan kesejahteraan psikologis pada era pandemi ini.

Tantangan yang ada seperti metode penelitian yang baru mereka pelajari, tim yang baru terbentuk, dan peserta dari berbagai kalangan tidak menyurutkan semangat mereka. Dengan semangat ingin belajar, berproses, dan bermanfaat untuk sekitar, Hanna dan tim berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik di lomba ini. Qadarullah usaha dan perjuangan mereka tidak sia-sia.

Hadiah yang mereka dapatkan pun terbilang cukup besar. Hanna dan tim berhasil untuk membawa pulang uang sebesar 10 juta rupiah. Uang tersebut tidak hanya dibagi kepada rekan setimnya. Mereka sepakat menyisihkan sebagian hadiah tersebut kepada yang membutuhkan dan berbagi kebahagiaan untuk sesama.

“Iya sisanya disalurkan untuk yang membutuhkan melalui Ardhito”, ucap Erico.

Hanna dan tim juga berbagi tips untuk teman-teman yang ingin atau sedang mengikuti lomba. Yang pertama, jangan lupa untuk selalu aktif mencari informasi mengenai lomba. Kedua, teman-teman juga dapat mencari rekan tim serta pembimbing yang sejalan dan pengertian antara satu sama lain. Ketiga, buatlah manajemen waktu sebaik mungkin.

Terakhir, yang paling penting adalah niat yang benar seperti belajar dan agar bermanfaat untuk sesama.

 

Author : Aisyah Tri Wardhani