Seminar Karir Pelepasan Mahasiswa Periode III TA 2023/2024: “Persaingan Digital 101”

Peserta sedang fokus menyimak pemaparan oleh pemateri pertama yaitu Purwandana Budyandaka, S.Ikom.

FPSB UII menggelar kegiatan seminar karir pelepasan mahasiswa bertajuk “Persaingan Digital 101”, dengan mengundang pemateri Purwandana Budyandaka, S.Ikom. yaitu alumni S1 program studi Ilmu Komunikasi dan Walid Jumlad, S.Psi., M.Psi. yaitu dosen Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta sekaligus alumni Program Studi Psikologi. Kegiatan ini dihadiri oleh oleh 56 mahasiswa dan bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada calon lulusan mahasiswa periode III tahun akademik 2023/2024. Kegiatan ini berlangsung pada Selasa (23/01/2024) bertempat di Gedung Perpustakaan Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia.

Kegiatan seminar ini diawali dengan sambutan oleh Dr.Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si, Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Beliau menyampaikan rasa bersyukurnya kepada  para mahasiswa yang akan lulus dan melanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu dunia kerja, dan beliau juga memberikan nasihat yaitu apapun profesinya dan apapun yang kita lakukan Insyallah semuanya baik ketika dilakukan dalam rangka mencari ridho Allah dan barang siapa yang mengejar akhirat maka dunia akan mengikutimu.

Acara selanjutnya diisi oleh pemateri Purwandana Budyandaka, S.Ikom, pria yang lahir pada 1 Desember 1989 itu memaparkan pengalaman hidup serta pekerjaanya kepada peserta yang hadir antara lain dimulai  dari magang di Ritz-Carlton Jakarta sebagai Public Relations (2010) dan Magang sebagai Creative Team  Bali Music Channel Tv (2012), hingga bekerja sebagai Journalist TV di Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) (2013) dan Auomotive Journalist di Autobuild Indonesia (2014). Beliau juga memberikan Tips untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan terutama bagi para calon lulusan mahasiswa antara lain dibutuhkannya kemampuan Public Speaking, Mental, Skill Spesialis, serta Koneksi.

Kegiatan ini ditutup oleh pemateri terakhir yaitu Walid Jumlad, S.Psi., M.Psi., beliau memaparkan tentang bagaimana cara menghadapi dunia kerja, dimana selain passion atau motivasi juga diperlukanya skill.