Inspiring Talk: Menginspirasi Karier Pemuda Masa Depan

Open New Doors with International Relation UII. Demikian tema Career Talk yang diselenggarakan oleh Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Sabtu, 17 Juni 2023 di Auditorium Abdul Kahar Muzakir, Kampus Terpadu UII. Hadir sebagai pemateri adalah Muhammad Hidayat Hasan, S.Hub. seorang pegiat sosial yang saat ini bekerja di IOM UN Migration, Najla Indah Annisa yang saat ini bekerja staff pendukung DPD RI, serta seorang Creativepreneur yang cukup terkenal di media sosial, Danang Giri Sadewa.

Sebagai pemateri pertama, Muhammad Hidayat Hasan berkisah tentang seputar karirnya di IOM Indonesia. Menurutnya, selain mencari materi secara profesional, melakukan pekerjaan yang bisa membahagiakan orang lain dan atau menghargai orang lain juga mempunyai nilai lebih bahkan bisa membuat hati kita lebih bahagia.

Selebihnya Muhammad Hidayat Hasan menyampaikan tentang peran Prodi HI terhadap karir pegiat sosial. “Saya merasa sangat beruntung bisa kuliah di HI UII yang sangat mendukung pengembangan diri mahasiswanya”, tandasnya. Tak lupa Muhammad Hidayat Hasan juga berbagi tips untuk dapat bekerja di bidang kemanusiaan, seperti mengetahui minat dan bakat dalam rangka menemukan passion, memperbanyak pengalaman menjadi relawan, memahami isu yang berkembang, serta memperluas jaringan melalui berbagai aktivitas atau kegiatan.

Najla Indah Annisa sebagai pemateri ke-2 banyak berbagi tentang pengalamannya dalam meniti karir di pemerintahan. Menurutnya, ada 3 hal yang selalu ditekankan oleh Prodi HI UII yang senantiasa diingatnya, yakni Perspective (sudut pandang), Networking (membangun jaringan) dan Negotiation (kemampuan bernegosiasi). Ketiga hal tersebut yang saat ini mengantarkan dirinya bekerja dalam pemerintahan.

“Untuk bisa sukses maka kita harus memiliki kompetensi (ketrampilan, pengetahuan), integritas (jujur dan amanah) serta keyakinan akan adanya Tuhan sehingga takut berbuat buruk. Allah dulu, Allah lagi dan Allah terus. Mulailah sesuatu karena Allah. Kalau melakukan apapun karena Allah, maka apapun hasilnya adalah yang terbaik menurut Allah dan tidak akan membuat kita kecewa”, tuturnya.

Sedangkan Danang Giri Sadewa sendiri alam kesempatan tersebut juga berbagi pengalaman tentang karir yang memang harus diawali dengan passion. Bahkan data terakhir, banyak mahasiswa yang salah jurusan. Jika hal tersebut terjadi, maka ada kemungkinan timbulnya malas saat kuliah. Prioritas (baca: dalam menentukan tujuan masa depan atau cita-cita) juga merupakan hal penting dalam memilih fakultas/jurusan/program studi.

Dia juga berpesan agar mahasiswa bisa adaptif mengikuti perkembangan atau trend terkait kemajuan teknologi. “Sadari bersama bahwa kita bukan cuma warga Indonesia. Tapi juga warga global yang terkadang perlu melakukan perjalanan ke luar negeri”, tuturnya.  Dia juga menceritakan pentingnya mengenal budaya negara lain yang biasanya diajarkan di Prodi Hubungan Internasional. Hal ini yang kemudian menjadi penting untuk kemudian memilih jurusan Hubungan Internasional. Sebagai generasi masa kini yang serba mudah (seiring dengan kemajuan teknologi) sehingga membuat mager (malas gerak), Danang Giri Sadewa mengajak agar bisa melepaskan diri dari sifat mager tersebut dengan melakukan hal-hal yang produktif, kreatif dan inspiratif bagi sesama.