FPSB UII SUkses Jadi Tuan Rumah MUnas IMAMUPSI XVII Tahun 2023

Dalam rangka mewujudkan psikologi Islam yang semakin cemerlang, Ikatan Mahasiswa Muslim Psikologi Indonesia (IMAMUPSI) kembali menyelenggarakan agenda tahunan Musyawarah Nasional IMAMUPSI dan Simposium Nasional Psikologi Islam. Pada tahun ini, IMAMUPSI UII dipercaya menjadi tuan rumah dalam agenda Musyawarah Nasional Ikatan Mahasiswa Muslim Psikologi Indonesia (MUNAS IMAMUPSI) yang ke-XVII tahun 2023. Agenda ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh IMAMUPSI secara nasional dengan mengundang para delegasi dari setiap Regional IMAMUPSI dan Kelompok Studi Psikologi Islam (KSPI) di seluruh Indonesia. MUNAS IMAMUPSI dilaksanakan demi mewujudkan IMAMUPSI yang lebih baik dan sebagai wujud evaluasi para pengurus di dalamnya.

Musyawarah Nasional IMAMUPSI XVII yang dilaksanakan di Universitas Islam Indonesia memiliki beberapa agenda kegiatan, di antaranya Simposium Nasional Psikologi Islam, Call for Paper, dan Musyawarah Nasional yang diselenggarakan pada hari Sabtu dan Ahad,  tanggal 18-19 Maret 2023. Seluruh kegiatan dihadiri oleh mahasiswa Universitas Islam Indonesia, para delegasi Regional dan KSPI dari berbagai universitas yang ada di Indonesia, seperti UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Gajah Mada, Universitas Muhammadiyah Surakarta, UIN Sunan Kalijaga, dan berbagai universitas lainnya, serta para stakeholder, alumni IMAMUPSI dan masyarakat umum.

Pada hari pertama yakni Sabtu, 18 Maret 2023 dilaksanakan kegiatan Simposium Nasional Psikologi Islam yang mengangkat tema utama, “Refleksi dan Kontekstualisasi Pengembangan Psikologi Islam di Indonesia”. Dalam agenda tersebut terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama bertemakan “Kilas Balik 31 tahun perjalanan Psikologi Islam di Indonesia” yang menggandeng pembicara, Dr. Bagus Riyono, M.A. Psikolog, dengan pembahas, Dr. Fuad Nashori, S.Psi, M.Si, M.Ag, Psikolog dan Machbub Aozai, S.Psi, M.Psi., Psikolog. Sedangkan pada sesi kedua bertemakan “Kontekstualisasi Al-Qur’an dan Hadist dalam Menata Ulang Pengembangan Psikologi Islam di Masa Depan” yang menggandeng pembicara, Dr. Nita Trimulyaningsih, S.Psi, M.Psi., Psikolog, dengan pembahas, Rizky Susanti, S.Psi, M.Si., dan Musdalifah Sasia, S.Psi.

Ada kutipan menarik dari salah satu pembicara, Dr. Nita Trimulyaningsih, S.Psi., M.Psi.,  “Ilmu pengetahuan ada dalam pikiran manusia maka sifat dan watak ilmu pengetahuan itu sangat tergantung pada kualitas spiritual, moral dan intelektual dari pikiran dan jiwa yang telah menerima atau menciptakan ilmu tersebut”. Maka dari itu, kualitas spiritual, moral, dan intelektual harus setara untuk menghasilkan ilmu pengetahuan yang berkualitas.

Setelah berakhirnya agenda Simposium Nasional Psikologi Islam, kegiatan di hari pertama masih dilanjutkan dengan presentasi dari peserta Call for Paper. Peserta pada kegiatan ini difasilitasi dalam beberapa kelas untuk mempresentasikan hasil penelitiannya kepada forum. Selanjutnya, hasil dari tulisan para presenter akan dihimpun dan diabadikan dalam suatu buku berjudul, “Psikologi Islam: Refleksi dan Kontekstualisasi”.

Pada hari kedua yaitu hari Ahad, 19 Maret 2023, acara dilanjutkan dengan agenda puncak Musyawarah Nasional IMAMUPSI XVII. Acara dimulai dengan pembacaan dan pengesahan tata tertib, kemudian diakhiri dengan pembentukan dan pemilihan formatur baru IMAMUPSI Nasional. Sidang dipimpin oleh presidium sebagaimana mestinya. Selama proses persidangan, acara berlangsung dengan khidmat. Melalui pemilihan formatur ini, diharapkan IMAMUPSI dapat mengepakkan sayapnya untuk mensyiarkan psikologi Islam yang semakin dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia (SUL).