FPSB UII Selenggarakan POTMA 2022

Untuk kali setelah pandemi Covid-19, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menyelenggarakan Pertemuan Orangtua/Wali Mahasiswa (POTMA) pada Sabtu, 5 November 2022.

Bapak Saroyo selaku perwakilan orangtua/wali mahasiswa dalam sambutannya berharap agar  para mahasiswa ke depan dididik untuk memiliki integritas, kompetensi dan dapat mengharumkan nama bangsa. “Menjadi anak yang intelek, suka berdiskusi untuk kepentingan bangsa dan negara”, ungkapnya. Menanggapi hal tersebut, Dekan FPSB UII, Dr. Phil Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog mengajak para orangtua untuk berkolaborasi dalam mewujudkan cita-cita atau keinginan mulia tersebut.

Ada 3 faktor yang menurut Qurotul Uyun sangat penting untuk mewujudkannya, yakni faktor komitmen baik dari pihak mahasiswa, orangtua maupun penyelenggara pendidikan, faktor komunikasi yang baik antara mahasiswa, orangtua dan penyelenggara pendidikan serta faktor spiritualitas yang juga harus mendapatkan dukungan dari orangtua dengan mengirimkan banyak doa kepada anaknya.

Qurotul Uyun juga mengharapkan agar orangtua bisa membedakan dan menempatkan secara baik antara tegas dan rasa sayang terhadap anak agar tidak salah dalam proses pengasuhan anak.

Dalam acara tersebut, selain mendapatkan materi tentang seputar administrasi perkuliahan, tanya jawab dengan pimpinan, orangtua juga mendapatkan materi parenting terkait membangun sinergisitas antara orangtua dengan pihak pengelola dalam merajut masa depan yang lebih baik. Materi parenting disampaikan oleh Hj. Ratna Syifa’a Rachmanan, S.Psi., M.Si., Psikolog dengan mengangkat tema “Menjadi Orangtua yang Ideal”. Adapun moderator dibawakan oleh Muhammad Novvaliant FT., S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Sejurus kemudian, orangtua mendapatkan materi seputar aktivitas prodi yang disampaikan oleh masing-masing ketua program studi di lingkungan FPSB UII.