FPSB UII Gelar Pelepasan Alumni dan Seminar Karir #9

Seorang calon pengusaha hendaknya memiliki karakter khusus, yakni  bisa menghargai proses (sadar bahwa segala sesuatunya tidak ada yang instan), fokus pada bidang yang dikuasai, bisa dipercaya (trust) yang ini biasanya berhubungan dengan kepercayaan investor, profesional, memiliki jaringan luas yang bisa dibangun melalui aktivitas formal maupun non formal,  serta dekat dengan Allah SWT sebagai faktor “x” yang sangat penting dan berkait erat dengan kemajuan dan keberkahan usaha.

Demikian pesan penting yang disampaikan oleh Devina Pramudita, S.Psi pada acara pelepasan dan Seminar Karir #9 bertema “Menguatkan Kapasitas, Membangun Jejaring” yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa, 20 September 2022 di The Rich Yogya Hotel

Kegiatan sendiri dibuka secara langsung oleh Dekan FPSB UII, Dr. Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog. Dalam sambutannya Bu Uyun berpesan kepada para alumni agar senantiasa menjaga nilai-nilai Islam yang sudah didapatkan selama menempuh studi di UII sebagai pembeda dengan lulusan dari perguruan tinggi lain.

“Tugas kita adalah tidak mempersekutukan Allah, termasuk saat menjalani karir. Allah akan memberikan keberkahan hanya pada orang2 yang membesarkan nama Allah SWT. Yang membedakan adalah yang selamat dan tidak selamat dunia dan akhirat. Dunia dan akhirat kita kejar bersama-sama dengan selalu mengingat Allah. Kembangkan rasa syukur agar kita bahagia. Bahagia itu juga syarat agar kita bisa produktif dalam bekerja”, tutur bu Uyun seraya mendoakan para alumni untuk bisa mendapatkan tempat, rezeki, jodoh yang terbaik dari Allah SWT.

Sementara Devina sendiri melalui materinya berjudul berjudul Entreprenurshipn in International Trade and Commerce: Gen Z is an Asset banyak berbagi cerita tentang sejarah perjalanan usaha yang dirintis dengan modal minus. Kepercayaan lah yang kemudia Devina mendapat banyak bantuan finansial (termasuk memperoleh  untuk menjalanan usaha, baik dari modal, proses produksi, hingga pemasaran. Saat ini, usaha pembuatan briket arang (Black Gold) dari limbah batok kelapa yang didirikan dengan nama CV. UNICO Indonesia sudah memasarkan produknya ke berbagai belahan benua. Menurutnya, kesuksesan dirinya dalam memasarkan produk tersebut tak lepas dari tool digital marketing bernama e-commerce.

“E- commerce itu sangat penting dalam menjalankan bisnis. Banyak pengusaha muda yang sukses menjual dagangannya melalui e-commerce tools (Go food, Tokopedia, Grabfood, Shopee dll). Saat memulai usaha atau bisnis, usahakan lakukan semua secara sendiri. Jangan ambil staf dulu. Selain buat efisiensi, juga untuk menghindari penipuan”, tuturnya.

Selain materi kewirausahaan, pada kegiatan ini peserta juga mendapatkan materi tentang persiapan menuju kompetisi di dunia kerja yang disampaikan oleh perwakilan dari Direktorat Pembinaan Karir dan Alumni UII, Annisa Miranty, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Pada materinya, Annisa Miranty banyak membahas tentang pembuatan CV yang berkualitas, surat lamaran, interview, serta tak lupa berpesan agar alumni senantiasa menjaga nilai-nilai ke-Islaman sebagai ciri khusus lulusan Universitas Islam Indonesia.

Peserta seminar karir pun terlihat sangat antusiasme terhadap materi yang disampaikan oleh pembicara. Banyak pertanyaan yang disampaikan kepada para pembicara.