HI Perbincangkan Hubungan ASEAN & Korea Selatan

ASEAN-Korea Relations: Progress and Opportunities. Demikian tema yang diangkat oleh Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) pada acara Bincang-bincang Prodi HI (IR UII in Conversation), Selasa, 19 Juli 2022. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring ini mengundang Prof. Kim Dong-Yeob (Direktur Korea Institute fos ASEAN Studies, Busan University of Foreign Studies), Assoc. Prof. Dr. Mohammad Zaki bin Ahmad (Direktur Asian Institute of International Affairs & Diplomacy Universitas Utara Malaysia) serta Assist. Prof. Hangga Fathana, S.I.P., B.Int., M.A (Ketua Program Studi Hubungan Internasional FPSB UII). Sedangkan moderator dibawakan oleh Karina Utami Dewi, S.IP., M.A.

Dalam materinya, Prof. Kim Dong-Yeob banyak menyampaikan seputar perdagangan dan investasi serta peluang yang masih sangat luas untuk masa depan. ASEAN khususnya Indonesia merupakan mitra dagang yang sangat penting bagi Korea. Kim Dong Yeob juga menyatakan pentingnya perdamaian dan kemakmuran di Asia Timur.

Sedangkan Dr. Muhammad Zaki Ahmad (Univeritas Utara Malaysia) dalam paparannya menyampaikan tentang peluang menarik investor Korea ke Malaysia secara besar-besaran yang hendaknya didukung oleh negara dengan memastikan kondisi negara yang jauh dari tindak korupsi. Korea juga harus memajukan kerjasama akademik dengan lembaga vokasi yang bisa diwujudkan dalam pertukaran mahasiswa dan staf secara berkelanjutan dan terstruktur. Termasuk penyelenggaraan program akademik secara bersama di tingkat sarjana maupun pasca sarjana yang bisa diwujudkan dengan pendirian cabang universitas dan institusi tinggi di kedua negara.

Sementara Hangga Fathana selaku pembicara terakhir selain menyoroti hubungan antara ASEAN dengan Korea Selatan yang semakin baik dari waktu ke waktu, juga menyampaikan atau menyoroti perspektif kekuatan poros tengah khususnya dari perspektif Indonesia. Alasan perlunya ASEAN khususnya Indonesia untuk menjalin hubungan kerjasama dengan Korea diantaranya agar dapat memainkan peran penting di kawasan Asia, atau setidaknya dapat mengurangi keterpurukan pada kondisi tak terduga/tidak menentu/tidak pasti terkait dengan perekonomian, serta untuk menyeimbangkan kehadiran kekuatan China di ASEAN. ASEAN dan Korea dapat bekerjasama untuk menjaga stabilitas regional atau bahkan bisa di untuk wilayah yang lebih luas lagi