FPSB Kaji hadits Arbain 3 & 4 : Rukun Islam dan Takdir

Kajian rutin bulanan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang pada penghujung Juni 2022 ini diselenggarakan di hari Jumat, 24 Juni 2002  kembali mengangkat tema tentang hadist arbain dimana pada bulan Juni 2022 ini panitia penyelenggara membahas seputar hadits arbain 3 & 4 : Rukun Islam dan Takdir dengan menghadirkan ust. Syatori Abdul Rauf, Lc. sebagai pembicara.

Dalam paparannya, Ust. Syatori AR banyak menyampaikan tentang definisi ibadah (menjadi hamba Allah), iman, ihsan dan Islam. Ust. Syatori juga menerangkan tentang Mujahadah, dimana menurutnya mujahadah bisa dimaknai sebagai perjuangan. Perjuangan untuk meninggalkan larangan Allah SWT serta perjuangan untuk melaksanakan segala perintahNya.

Perjuangan mujahadah tersebut dilakukan semaksimal mungkin dengan segala kondisi atau keadaan buruk yang ada serta semata diniatkan untuk mendapatkan rahmat Allah SWT. Hanya saja, kadang secara tak sengaja niat tersebut tercampur dengan keinginan untuk memperoleh duniawi, bukan semata untuk mendapatkan rahmat Allah SWT.

Jika yang kita niatkan semata hanya untuk  mendapat rahmat Allah, maka apapun kejelekan yang kita terima tidak akan mempengaruhi kualitas perjuangan kita dalam beramal baik maupun dalam menjalankan ibadah.