Prodi Ilmu Komunikasi Kaji Proses Penulisan Kreatif Cerita Fiksi

Proses Kreatif dalam Menulis Fiksi. Demikian tema yang diangkat oleh Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Sabtu, 25 Juni 2022. Kegiatan kolaboratif dari semua dosen pengampu matakuliah Penulisan Kreatif tersebut menghadirkan sosok penulis Indonesia yang produktif menulis novel, esai, cerita pendek maupun tulisan non fiksi, Mahfud Ikhwan. Menurut Iwan Awaluddin Yusuf, Ph.D selaku dosen Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII kegiatan tersebut diselenggarakan secara khusus untuk menambah pengetahuan melalui penulisan kreatif.

Sedangkan Mahfud Ikhwan sendiri merupakan pemenang pertama Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2014 melalui novel berjudul Kambing dan Hujan: Sebuah Roman. Berlanjut pada tahun 2017 Mahfud Ikhwan memperoleh penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa pada kategori prosa untuk karyawanya yang berjudul Dawuk: Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu. Dan pada tahun 2021 Mahfud Ikhwan kembali menerima penghargaan Anugerah Sutasoma pada kategori sastra terbaik untuk novelnya yang berjudul Anwar Tohari Mencari Mati.

Pada kesempatan tersebut Mahfud Ikhwan banyak berbagi pengalaman tentang proses penulisan kreatif untuk cerita fiksi. Terkait menulis cerita Mahfud Ikhwan menuturkan adanya kecakapan yang harus dimiliki, seperti kecakapan yang berkait bentuk (kepengrajinan) meliputi tahu dan bisa menulis serta tahu dan menguasai teknik dan unsur-unsur cerita, dan juga kecendekiaan (berkait isi) meliputi posisi moral, ideologi, pandangan dunia dst,