FPSB Selenggarakan Workshop Penulisan Artikel Dakwah

Tulisan yang  paling baik adalah yang selesai. Bukan yang sempurna atau paling baik. Demikian statement yang disampaikan oleh  Iwan Awaludidn Yusuf, S.IP., M.Si., Ph.D. pada kegiatan Workshop Penulisan Artikel Dakwah yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Kamis, 2 Juni 2022 di Alana Hotel Yogyakarta.

Kegiatan yang diikuti oleh Dosen, Tendik, SATPAM dan Tenaga Paruh Waktu teresbut dibuka secara langsung oleh Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog. Dalam sambutannya Dekan mengingatkan pentingnya berdakwah melalui tulisan yang in sya Allah akan bernilai sebagai amal jariyah.

Sementara Iwan Awaluddin Yusuf melalui materinya yang berjudul Menulis Artikel Dakwah dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa menulis adalah soal kebiasaan. Orang yang biasa relatif mudah untuk menghasilkan banyak karya tulis, meskipun produktivitas menulis menurutnya seperti keimanan, kadang naik dan kadang mengalami penurunan.

Iwan Awaluddin Yusuf juga mengajak peserta untuk memahami ‘artikel populer’ seperti opini, esai, kolom, features, ilmiah populer, dll, maupun ‘ilmiah non populer’ seperti manuskrip jurnal, bab buku, makalah dan sebagainya. Tak lupa peserta pun hendaknya memahami media yang akan memuat tulisan  tersebut, baik platform maupun outlet medianya.

Sosok penulis aktif itu pun berbagi pengalaman terkait menemukan ide yang bisa didapat dari lingkungan sekitar maupun menguji ide tersebut.

Selain mendapat materi, peserta juga mendapat bimbingan dari para reviewer.