Buku (Adab Mahasiswa, Panduan Adab Mulia Pencari Ilmu) yang ditulis oleh Dr. Subhan Afifi, M.Si., Banatul Murtafi’ah, S.Pd., M.Pd., Nanum Sofia, S.Psi., S.Ant., MA., dan Rizki Dian Nursita , S.IP., M.H.I ini membahas tentang konsep dan panduan aplikasi Adab Islami mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari sebagai pencari ilmu. Penting untuk para mahasiswa, murid, santri, dan siapa saja yang sedang berjuang meniti jalan ilmu. Agar ilmu bermanfaat sebanyak mungkin dapat diperoleh, dan kesuksesan sejati dapat diraih. Para pencari ilmu dalam Islam sangat ditekankan untuk memiliki adab yang mulia. “Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu,” demikian nasihat Imam Malik. Memperhatikan adab akan memudahkan untuk mendapatkan ilmu. Sebaliknya, mengabaikan adab menjadikan ilmu jauh dari keberkahan.

Pendidikan pada hakikatnya bertujuan mendidik orang-orang yang beradab. Mereka adalah orang-orang baik dengan iman, ilmu dan amal. Mereka memiliki adab mulia kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya, sehingga dimudahkan menjalankan kewajiban yang digariskan, dan menjauhi aneka larangan. Menegakkan tauhid dan menjauhi syirik sebagai manifestasi dari adab kepada-Nya. Mereka berbakti kepada orang tua, menghormati  para ulama dan guru-guru yang telah menunjukkan jalan terang. Sekaligus memiliki adab yang baik terhadap ilmu dan proses mendapatkannya. Mereka menerapkan adab mulia dalam segala hal yang menjadi tuntunan dalam Islam.

Adab merupakan salah satu faktor penting bagi para mahasiswa sebagai penuntut ilmu yang sedang meniti jalan menuju sukses mulia. Sukses ketika menempuh studi, sehingga dapat menyelesaikannya dengan prestasi terbaik. Hingga meraih sukses sejati dalam tahapan-tahapan kehidupan berikutnya. Adab mulia memudahkan meraih ilmu. Sebaliknya, melupakan adab dapat menyebabkan hilangnya keberkahan ilmu. Setelah lulus kuliah di kemudian hari, adab Islami yang telah terbiasa diimplementasikan dalam keseharian juga akan memberikan kontribusi besar dalam karir dan dunia profesional yang digeluti. Tentu dengan ikhtiar terbaik dan doa yang terus dipanjatkan kepada Allah subhanahu wa taala agar diberikan kesuksesan sejati.

Mahasiswa hakikatnya sedang berproses menjadi manusia beradab, yaitu sosok yang memiliki akidah yang lurus, ibadah yang benar, berakhlak mulia, sekaligus memiliki penguasaan bidang ilmu yang mumpuni dengan karya dan produktivitas terbaik. Mereka memiliki penghormatan terhadap ilmu, para ulama dan guru-guru mereka. Mereka adalah orang-orang bertakwa yang terus menebar manfaat bagi masyarakat. Konsep dan urgensi adab dalam Islam, dilengkapi dengan dengan panduan untuk mengimplementasikannya dalam keseharian menjadi fokus penyajian buku ini. Harapannya, buku ini dapat menjadi referensi konseptual dan panduan praktis tentang adab  mahasiswa untuk meraih sukses dalam studi dan meniti karir di masa depan.


Buku “Adab Mahasiswa: Panduan Adab Mulia Pencari Ilmu” FPSB UII 2021, dapat diunduh DISINI

Judul Buku                              : Adab Mahasiswa: Panduan Adab Mulia Pencari Ilmu

Penulis                                     : Subhan Afifi, Banatul Murtafi’ah, Nanum Sofia,  Rizki Dian  Nursita

Penerbit                                   :  Spasi Book & Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya  Universitas Islam Indonesia

Tahun Terbit                           : 2021