Semakin ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di masa sekarang dan yang akan datang, setiap orang perlu untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan kredibilitas diri termasuk kemampuan dalam public speaking dan Bahasa Inggris. Khusus kemampuan berbahasa Inggris diyakini mampu meningkatkan peluang dalam meraih kesempatan kerja, baik di dalam maupun di luar negeri. 

Demikian pesan penting yang disampaikan oleh Yasser Muhammad Syaiful (Country Head at Elsa. Corp) pada kegiatan Workshop Public Speaking Skills with Elsa Speak  bertema “Building your Confidence with Enhacing the Public Speaking Skills”, yang diselenggarakan oleh International Programm (IP) Prodi Ilmu Komunikasi (IP Ilkom) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Sabtu, 7 Agustus 2021.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh sosok yang akrab disapa Yasser tersebut, 70% responden mengaku kesulitan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris (khususnya public speaking dalam Bahasa Inggris) disebabkan kurangnya kepercayaan diri untuk belajar Bahasa Inggris. Ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti tidak menguasai grammar, takut dibuli/ditertawakan teman, maupun tidak ada teman belajar pengucapan berbahasa Inggris.

Yasser pun memberi beberapa kiat untuk lebih percaya diri dalam berbahasa Inggris, diantaranya Know/Find Your “Why” (mengetahui/menemukan motivasi dalam melakukan sesuatu), The New You (menjadi diri yang baru/lebih baik), Total Action (melakukan aksi nyata, seperti halnya terus belajar dan berlatih), dan Evaluation (mengevaluasi  proses yang sudah dijalani).

Dalam kesempatan tersebut, Yasser juga mengenalkan sebuah aplikasi bernama Elsa Speak yang sangat membantu dalam proses belajar Bahasa Inggris. Dengan aplikasi tersebut, belajar Bahasa Inggris diyakini akan lebih menyenangkan, lebih efektif dan lebih efisien.