Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) sukses menggelar English Language Fiesta 2021. Kegiatan bertema The Colorful Spirit of Indonesia ini diikuti tak kurang dari 200 peserta yang ambil bagian pada 5 cabang kompetisi yang disediakan, yakni cabang Story Telling dengan tema Indonesian Traditional  Folklore, cabang Short Story dengan tema cerpen Nobody Knows What The Future Holds, cabang Tiktok Video dengan pilihan tema The Culture of Infonesia atau The History Of Indonesia, cabang Mobile Phone Photography serta cabang Speech dengan 3 pilihan tema yakni, Is Studying Overseas Degrading Our Nationalism, atau Mastering Foreign Language Vs Preserving Bahasa Indonesia atau Being Proud Indonesian Amidst the Massive Influence of Foreign Pop Culture.

ELF sendiri sudah mulai dipublikasikan sejak 1 Juni 2021 dengan pendaftaran terakhir pada 15 Juli 2021. Menurut Anandayu Suri Ardini, S.S., M.A., (selaku penanggung jawab kegiatan), dalam kurun waktu tersebut ratusan karya dan kreasi peserta diterima oleh panitia. Peserta sendiri dibatasi pada rentang usia 16-19 tahun.

“Jadi beberapa peserta sudah kuliah di semester awal atau justru sedang gap year. Lalu proses penjurian cukup alot juga karena banyak yang nilainya sama,. Jadi memang persaingannya ketat sekali. Proses penjurian foto dan tiktok selesai lebih dulu, lalu dilaksanakan proses posting top 30 foto (top 10 dari 3 kategori yaitu: historical place, face of indonesia, arts and culture) dan 10 video tiktok untuk dicari juara favorit (people’s choice). Alhamdulillah tanggal 24 Dzulhijjah 1442 H/3 Agustus semua selesai dan bisa diumumkan deangan tepat waktu ,” ungkap staf pengajar Prodi PBI FPSB UII tersebut.

Anandayu Suri Ardini menambahkan bahwa proses penjurian selain dilakukan oleh beberapa dosen Prodi PBI FPSB UII, juga melibatkan beberapa juri yang berasal dari luar UII, seperti dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) maupun dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Anandayu Suri Ardini pun berharap agar pada pelaksanaan mendatang bisa diupayakan sponsorship.

(Daftar pemenang klik di sini)