Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UI) sudah memasuki usia 25 tahun (lustrum ke – 5). Berdirinya FPSB UII ini diawali dengan berdirinya prodi Psikologi  (dulu Fakultas Psikologi UII) pada tahun 1995.  Seiring dengan pekembangan jaman sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan prodi-prodi tertentu, maka pada tahun 2006 Fakultas Psikologi berbesar hati untuk berubah nama menjadi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII seiring dengan bergabungnya prodi Ilmu Komunikasi UII waktu itu. Fakultas pun akhirnya terus berkembang dan menambah prodi baru, yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Hubungan Internasional yang kesemuanya merupakan jenjang S1. Untuk jenjang strata 2 (S2), FPSB UII memiliki Magister Psikologi Profesi sejak tahun 2006.

Sebagai tanda syukur atas usianya yang ke 25 tahun ini, serangkaian agenda kegiatan pun telah dipersiapkan, yakni :

  1. Kerja Bakti “Reresik Kampus”, Jumat, 28 Februari 2020 Pkl. 08.00 – 10.00 WIB.

Meski kegiatan ini lebih diperuntukan bagi dosen dan tenaga kependidikan (tendik), namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa FPSB UII untuk bergabung. Kegiatan ini nantinya akan diawali dengan senam bersama terlebih dahulu.

Area yang dibersihkan pada kegiatan ini tentu seputar kampus FPSB UII.  Peserta bisa membawa peralatan kerjabakti yang dimiliki, seperti sapu, sabit, tas plastik untuk sampah dan alat kebersihan lainnya.

Kegiatan ini pun nantinya dijadikan kegiatan pembukan rangkaian Lustrum ke-5 FPSB UII dimana sambutan pembukaan akan dilakukan langsung oleh Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog

  1. Pengajian Awal Semester, Jumat, 28 Februari 2020 Pkl. 13.00 – 15.00 WIB.

Kegiatan yang mengambil lokasi di Mushola Baitul Hadi FPSB UII ini diperuntukan bagi segenap civitas akademika FPSB UII (Dosen, Tendik, Mahasiswa, Petugas Keamanan dan Petugas Kebersihan). Pada kegiatan ini nantinya akan diisi dengan zikir bersama, launching program #FPSBBerdakwah serta tabligh akbar (pengajian umum) yang akan disampaikan oleh ustadz. Muhammad Ihsan.

  1. Semaan Al Quran, Jumat, 6 Maret 2020 Pkl. 09.30 WIB.

Kegiatan ini diperuntukan bagi segenap civitas akademika FPSB UII. Di kegiatan ini kita akan tadarus bersama Al Quran Juz 30. Lokasi kegiatan di Mushola Baitul Hadi FPSB UII.

  1. Pengajian Akbar, Jumat, 13 Maret 2020 Pkl. 19.45 – selesai dengan lokasi kampus FPSB UII (Belakang masjid UII).

Kegiatan ini bersifat umum dan secara khusus panitia kegiatan akan mengundang jamaah masjid sekitar kampus terpadu UII untuk hadir di pengajian. Selain itu, masjid sekitar kampus terpadu UII juga akan mendapatkan bingkisan berupa keperluan masjid yang nantinya akan diserahkan langsung oleh Dekan FPSB UII kepada takmri masjid.

Pengajian yang rencananya akan menghadirkan ust. Didik Purwodarsono sebagai penceramah ini nantinya juga akan membagikan banyak doorprize bagi jamaah sebagaimana pelaksanaan pengajian akbar milad FPSB UII pada tahun-tahun sebelumnya.

  1. Anjangsana, 16 – 27 Maret 2020

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh FPSB UII untuk menjalin silaturrahmi dengan para keluarga pegawai purnatugas (pensiunan) FPSB UII.

  1. Permainan Tradisional, Jumat, 20 Maret 2020, Pkl. 08.00 – 12.00 WIB

Kegiatan yang rencananya akan diselenggarakan di halaman parkir FPSB UII ini diperuntukan bagi segenap civitas akademika FPSB UII. Melalui kegiatan ini diharapkan nantinya mampu menjadi sarana silaturrahmi, refreshing, maupun sebagai media dalam membangun kebersamaan dan kedekatan. Adapun lomba atau permainan yang akan diadakan (rencananya) adalah  gobak sodor, balap bakiak, sepeda lambat, makan krupuk, dll.

  1. Diskusi Buku Ilmu Sosial dan Humaniora Islam, Kamis, 26 Maret 2020. Lokasi : Ruang Auditorium FPSB UII lt.3
  2. Islamic Visual Contest. Kegiatan ini akan berlangsung sejak Maret 2020 hingga 3 April 2020. Kegiatan ini diperuntukan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat yang berminat dengan dunia sinematografi ataupun perfilm-an. Dalam kegiatan ini akan disediakan hadiah yang ayak bagi para pemenang. Untuk info lengkap bisa hubungi Ali Minanto, S.Sos., M.A (dosen Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII)
  3. Reuni Akbar, 11-12 April 2020 di kampus FPSB UII.

Pada tanggal 11 April kegiatan reuni lebih bersifat sharing pengetahuan antara alumni dengan para mahasiswa di kelas. Sedangkan untuk tanggal  12 April 2020 (Ahad), merupakan pertemuan murni alumni dari berbagai angkatan.

  1. Puncak Lustrum ke-5, Rabu, 15 April 2020.

Di agenda ini akan diadakan kegiatan Studium General, Rapat Senat Terbuka FPSB UII dan diakhiri dengan Tasyakuran. Khusus di acara tasyakuran, akan disajikan berbagai menu untuk disantap bersama segenap civitas akademika FPSB UII, seperti bakso, pempek, nasi kucing dll.