“Kuatkan Ukhuwah , Get Berkah, Till Jannah. Demikian tema besar yang diangkat oleh LDF Jamaah Fathan Mubinana (JAFANA) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) pada kegiatan FPSB Islamic Festival (FIF) 2019 (20-24 November 2019). Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog sesaat usai memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Dekan sangat mengapresiasi program FIF tersebut sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, keilmuan maupun pengembangan minat-bakat peserta yang didominasi oleh generasi muda.

“Islam mendorong agar kita semua memiliki keterampilan dan keahlian yang bermanfaat bagi masyarakat. Generasi muda Islam itu memang harus terus menggali ilmu, mengasah kemampuan-kemampuannya,  keilmuannya, dan juga menggali potensi minat bakatnya agar memiliki manfaat bagi masyarakat, sehingga  generasi Islam bisa hidup dari generasi ke generasi dan terus memberikan peranan yang terbaik bagi masyarakat. Sehingga generasi muda Islam bisa menggantikan generasi tua secara lebih baik”, ungkap Pak Fuad.

Sementara perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama DIY dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sejalan dengan program prioritas pemerintah, yakni penguatan SDM melalui penguatan dan pengembangan keilmuan, ketrampilan dan karakter.

Adapun kegiatan FIF 2019 sendiri diantaranya adalah bazar, talkshow bertema ‘Bersatu Membangun Negeri’, lomba kaligrafi, lomba da’i muda, lomba melukis keindahan UII, lomba Musabaqah Syarhil Quran, lomba pembuatan video pendek, dan juga lomba fashion show.   Lomba-lomba tersebut diperuntukan bagi Siswa SMA/MA sederajat, mahasiswa dan juga TPA (fashion show).