Program Studi Hubungan Internasional (HI), Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Workshop & call for Papers “RESEARCH DAY” pada Sabtu, 1 November 2019 di ruang auditorium FPSB UII Lt.1.

Kegiatan yang bertujuan untuk mengkaji pentingnya daftar pustaka (Literature Review) pada sebuah penulisan karya ilmiah tersebut menghadirkan Dr. Dafri Agussalim, MA (Departemen Hubungan Internasional-FISIP UGM) sebagai pemateri dan dimoderatori oleh Muhammad Zulfikar Rakhmat, Ph.D.

Dalam paparannya yang berjudul How to Write Literature Review, Dafri Agussalim menekankan pentingnya literature review (daftar pustaka) sebagai dasar dalam penulisan ilmiah.

“Saat ini kita ada di belantara ilmu pengetahuan. Oleh karena itu kita memerlukan literature review. Dengan kata lain literature review merupakan cara kita dalam memetakan perkembangan ilmu yang kita dalami ini. Dari pemetaan kita tahu tujuan yang akan kita capai dalam belantara ilmu pengetahuan tersebut. Jadi literature review itu merupakan karya ilmiah mengenai pengetahuan  mutakhir termasuk substantive finding serta kontribusi teoritis dan metodologis terhadap topik tertentu. Literature review juga disebut riset awal sebelum melakukan riset”, ungkapnya.

Lebih jauh beliau juga menegaskan bahwa literature review merupakan survey terhadap literature yang relevan atau berhubungan dengan area study atau topik kajian yang ingin dilakukan. Literature review  juga merupakan analisis kritis terhadap informasi yang ada dalam literature yang kita review dengan cara mengidentifikasi gaps yang ada dalam area study terkait. Literature review merupakan suatu overvew terhadap temuan-temuan penting/utama, konsep-konsep, teori dan pendekatan yang berkaitan dengan fokus atau pertanyaan penelitian.

“Misalnya dengan menunjukan keterbatasan teori dan perspektif dalam menjelaskan data-data emperis, dan kemudian merumuskan usulan riset lanjutan di area tersebut.  Jadi, literature review bukan hanya sekedar ringkasan tapi merupakan crtitical dan analytical summary terhadap literature yang berkaitan dengan topik penelitian yang fokus pada kajian atau pertanyaan penelitian kita. Sekali kita bisa merumuskan pertanyaan penelitian dengan baik, maka bisa dikatakan 60% karya itu sudah selesai”, tandasnya.

Lebih jauh, sosok yang punya andil dalam proses berdirinya prodi HI FPSB UII tersebut menyampaikan tentang arti penting dan kegunaan literature review, seperti untuk memetakan state of the art dari isu atau topik yang berkaitan dengan topik yang ingin diteliti, untuk menemukan gaps; hal yang belum dikerjakan oleh peneliti lain, atau sudah dikerjakan namun masih dianggap memiliki kelemahan atau kesalahan dalam berbagai aspek tertentu, maupun sebagai penuntun arah penelitian, terutama untuk menemukan fokus kajian atau subject matters yang ingin diteliti.

Sesi diakhiri dengan sesi panel presentasi karya ilmiah mahasiswa Prodi HI FPSB UII.