Dalam rangka meningkat kompetensi tenaga pendidikan, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) secara khusus menyelenggarakan workshop Analisis Kebutuhan Pelatihan Tenaga Kependidikan, Sabtu, 19 Oktober 2019. Kegiatan yang berlangsung di hotel Swiss Bell Boutique Yogyakarta tersebut dibuka langsung oleh Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog. Sedangkan materi disampaikan oleh Annisa Miranty Nurendra, S.Psi., M.Psi.

Dalam sambutannya, Dekan mengingatkan kepada peserta agar senantiasa bersungguh-sungguh dalam bekerja untuk menghasilkan sebuah kualitas yang baik/tinggi. Dekan pun menyitir sebuah hadits yang menerangkan bahwa setiap kelelahan dari pekerjaan yang dijalani akan membersihkan dosa dan mendatangkan pahala.

Sementara Annisa Miranty dalam paparannya lebih banyak me-refresh  kembali semangat para peserta (baca: tenaga kependidikan) dalam meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa maupun para stakeholder. Annisa Miranty juga menegaskan penting peserta dalam mengetahui tugas dan wewenang dalam menjalankan pekerjaan secara baik. Bahkan, sebisa mungkin setiap pekerjaan yang dilakukan hendaknya memiliki Prosedur Kerja (PK) dan Instruksi Kerja (IK) yang jelas agar jika suatu saat ada pergantian tugas/tanggung jawab, maka proses pembelajaran dalam pelaksanaan pekerjaan dapat lebih efektif.
Dalam kegiatan itu para peserta juga diajak untuk berdiskusi secara berkelompok untuk menyusun analisis kebutuhan pengembangan diri (tendik) maupun pembuatan PK dan IK.