Bersama Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) dan Google News Initiative, Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Workshop “Hoax Busting And Digital Hygiene”, Sabtu, 28 September 2019 di Gedung Mohammad Hatta (Perpustakaan Pusat) UII. Hadir sebagai pemateri adalah Rini Yustiningsih dan Agung Purwandono.

Workshop yang fokus mengasah keterampilan jurnalis di newsroom, komunitas akademisi kampus, jurnalis mahasiswa untuk bisa memanfaatkan sejumlah tools di internet pada proses verifikasi online yang banyak beredar di dunia maya tersebut dibuka secara langsung oleh Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog.

Dalam kegiatan tersebut, peserta diajak untuk belajar secara teknis tentang kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data serta pemanfaatan beragam tools menarik yang dapat digunakan untuk melakukan investigasi secara online. Materi-materi tersebut diharapkan akan berguna bagi segenap peserta workshop khususnya bagi mahasiswa prodi ilmu komunikasi.