“Dengan adanya akreditasi ini akan menjaga kebersamaan, social responsibilty yang saling memajukan. Kita ambil manfaatnya dan mengambil sisi positif perubahan-perubahan ataupun perkembangan teknologi yang terjadi. BAN PT akan terus mengikuti perkembangan yang ada dan dengan adanya BAN PT maka perkembangan PT (Perguruan Tinggi) akan terjus terjaga”.

Demikian kiranya statement yang disampaikan oleh Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc pada agenda visitasi akreditasi Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa, 10 Juli 2019.  Kehadiran beliau dibersamai oleh Dr. Irwansyah., MA yang juga merupakan utusan/asesor BAN PT.

Kehadiran kedua asesor tersebut disambut hangat oleh Rektor UII, Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D., Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FPSB UII, Mira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi., Psikolog., Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Phil. Emi Zulaifah, M.Sc., Ka. Prodi Ilmu Komunikasi, Puji Hariyanti, S.Sos., M.I.Kom., Sekerataris Prodi Ilmu Komunikasi, Ali Minanto, S.Sos., MA., beserta segenap tenaga pendidik/dosen dan tenaga kependidikan Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII.

Kegiatan visitasi sendiri diawali dengan pemutaran video profil Prodi Ilmu Komunikasi yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor UII. Dalam sambutannya, Rektor banyak menyampaikan sejarah berdirinya UII, akreditasi nasional dan internasional yang sudah diperoleh UII, jumlah mahasiswa dan juga jumlah tenaga pendidik/dosen, insfrastruktur (gedung-gedung) yang dimiliki UII serta program double degree yang ada di UII.

Sejurus kemudian, acara berlanjut dengan validasi borang akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII.