Tim Sakura Psikologi UII Presentasikan 6 Paper Penelitian di 13th ICLEHI

Sebanyak 12 mahasiswa Prodi Psikologi yang tergabung dalam Tim Sakura Psikologi UII 2019 berhasil mempresentasikan 6 paper penelitian di ajang 13th International Conference on Language, Education, Humanities, and Innovation (ICLEHI) 2019 di ANA Crowne Plaza Osaka-Jepang, 29-30 Rajab 1440 H/5-6 April 2019. Konferensi yang diikuti oleh sekitar 50 presenter dari 11 negara berbeda tersebut mengangkat Bahasa, Pendidikan, Kemanusiaan, dan Inovasi sebagai topik utama. ICLEHI sendiri merupakan kegiatan rutin yang digawangi oleh Interdisciplinary Circle of Science, Arts & Innovation (Icsai.org).

Adapun keenam paper penelitian (berbeda) yang dipresentasikan tersebut berjudul Forgiveness And Life Satisfaction Among Undergraduate Student In Indonesia And China : Cross-Cultural Study  yang dipresentasikan oleh Ahmad Zain Fahmi (2015) & Bramantio Adi Nugraha (2015), Group Size And Social Loafing Among College Students  dipresentasikan oleh Muhammad Garlianka W (2015) & Muhammad Avicenna (2015), The Relationship Between Emotion Regulation And Academic Adjustment Among College Students In Indonesia dipresentasikan oleh  Arina Salsabiela (2016) & Syauqi Iqbal (2015), Self-Esteem And Social Interaction Anxiety Among Female Undergraduate Students In Indonesia dipresentasikan oleh Izmy Ratih Azizah (2017), Syaikha Nabila (2017), & Dhea Berliana Surya (2017), Life Satisfaction And Loneliness Among College Students In Yogyakarta dipresentasikan oleh Sakinah (2017) & Dean Nurul Azmi (2015) serta Interactive Fairy Tale Effectiveness To Increase The Language Skill of Pre-Scholl Age Children yang dipresentasikan oleh Hanifah Dwicahyaputri (2015). Karya-karya tersebut dibimbing langsung oleh 2 dosen prodi Psikologi FPSB UII, yakni Nurwidiasmara, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Endah Puspita Sari, S.Psi., M.Si. Semua dipresentasikan secara full paper dan dipublikasikan pada Proceeding Conference ICLEHI ber-ISBN.

Salah satu presenter (Ahmad Zain Fahmi) mengungkapkan jika pengalaman tersebut membuktikan bahwa mahasiswa UII memiliki standar untuk bersaing di dunia internasional. “Semua angkatan mahasiswa UII memiliki kesempatan untuk berprestasi di tingkat internasional. Pengalaman ini juga menunjukan bahwa prestasi dapat diraih dengan tetap menjalankan catur dharma UII, khususnya adalah penelitian. Tidak usah takut memulai, karena banyak kakak tingkat/teman seangkatan yang sudah berpengalaman dan mau berbagi ilmu dan pengalaman, sehingga kesempatan itu harus dicari dan fokus untuk merealisasikan kesempatan tersebut untuk menjadi prestasi. Tingkatkan juga kualitas dalam mengerjakan tugas penelitian/pkm/makalah karena semuanya bisa dipublikasikan di jurnal internasional selama sesuai standar penelitian internasional”, ungkapnya.

Zain juga menambahkan harapannya agar ke depan akan lebih banyak mahasiswa UII yang melakukan penelitian secara mandiri dan mampu mempublikasikan di forum internasional.