ICIPsy 2018

Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) akan mengadakan International Conference On Islamic Psychology (ICIPSY) pada 18-19 Desember 2018. Kegiatan yang bertujuan untuk menjawab permasalahan Psikologi saat ini melalui pendekatan Islam bertema ‘Reviving The Roats And Responding To Todays Challenges’ ini akan digelar di Hotel Phoenix Yogyakarta.

Menurut ketua panitia penyelenggara, Wanadya Ayu Khrisna Dewi, S.Psi., MA bahwa sebagai seorang psikolog tugasnya bukan hanya sekedar mengurangi kecemasa seorang klien tapi juga mendorong agar niat awal sebagai seorang psikolog bisa diperbaiki. Sebagai seorang psikolog muslim saat melakukan intervensi harus diniati untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

ICIPsy sendiri sebenarnya satu rangkaian konferensi yang meliputi dua conference, yaitu konferensi Islam dan juga konferensi dari Bionet. Konferensi ini menjalin partnership dengan Bionet yang didirikan oleh Professor Marcus Stueck. Bionet merupakan sebuah konferensi besar yang sudah terlebih dulu mengadakan konferensi-konferensi internasional. Bionet memiliki semangat dalam  menyuarakan konsep Psikologi Islam ke komunitas intelektual yang jauh lebih besar. Oleh karenanya mereka ikut menyediakan platform berupa bionet dengan harapan akan terjalin dialog yang lebih luas, sebab jargon dari Bionet itu sendiri adalah Art Meet Science yang meliputi spiritualitas.

Dengan kerjasama itu juga diharapkan bisa menambah wawasan Psikologi Islam dalam hal pengukuran Psikologi. Wawasan terkait instrument pengukuran tersebut Ini harapannya bisa menambah khazanah Psikologi Islam dalam mengkaji fenomena-fenomena Psikologis yang lebih empiris.

“Publikasi acara ini sudah dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaannya. Publikasinya meliputi poster via website, mengirim email semua peserta NCIP dulu dan jejaring yang dimiliki.  Panitia juga memasang spanduk di beberapa titik agar diketahui lingkungan UII. Surat undangan dan poster fisik kepada jurusan Psikologi seluruh Indonesia juga dibagikan.

Terakhir  Wanadya berharap melalui konferensi ini Psikologi Islam dapat dikenal oleh dunia lebih luas. Tidak hanya dikenal sebagai sebuah pendekatan teoritis namun juga sebagai sebuah pendekatan psikologis. Baik secara metode maupun intervensi-intervensi Psikologi.

Info Dan Pendaftaran Icipsy Bisa Di Klik Disini: Icipsy.Uii.Ac.Id