Jujur dalam Praktek Psikolog

Berprakteklah dengan jujur. Seandainya memang memerlukan keterampilan yang lebih tinggi (baca: dalam menangani sebuah kasus), maka rujuklah kepada yang lebih bisa menangani kasus yang ada sambil Anda belajar. Demikian pesan pendek yang sangat penting disampaikan oleh Ketua HIMPSI Wilayah Yogyakarta, Drs. HellyPrajitno Soetjipto, MA pada acara Sumpah Magister Psikologi Profesi periode 30 yang diselenggarakan oleh Program Magister Psikologi Profesi (MAPPRO) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) pada hari Sabtu, 28 Sya’ban 1437 H/04 Juni 2016 di Auditorium FPSB UII.

Sosok yang akrab disapa Pak Helly ini juga mengajak para lulusan untuk lebih banyak melakukan intervensi secara komunal dibanding dengan individual. “Penyakit fisik masa kini lebih banyak disebabkan oleh sakit atau gangguan mental. Saat ini juga banyak kejahatan (disebabkan penyakit mental) yang dilakukan secara kelompok/komunal. Oleh karenanya para Psikolog baru lulusan yang baru saja diambil sumpahnya ini untuk lebih mengedepankan intervensi komunal dibanding dengan intervensi secara individu”, pintanya.

Sementara Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc dalam sambutannya banyak mengkritisi permasalahan di masyarakat yang semakin menjadi, khususnya tindak kekerasan dan pelecehan seksual pada anak-anak dan wanita. “Fenomena luar biasa yang harus benar-benar menjadi perhatian kita semua. Harus segera ditangani dengan sungguh-sungguh seraya bersandar sepenuhnya kepada pertolongan Allah SWT”, pintanya.

Prosesi pengambilan sumpah sendiri diperuntukkan bagi 12 orang lulusan MAPPRO FPSB UII.