Enam Kandidat PPL Aussie 2016 Ikuti Workshop BIPA

“Workshop ini (BIPA-Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) adalah bagian dari  penilaian pembobotan ranking beasiswa PPL Aussie 2016. Masih akan ada serangkaian workshop yang akan diberikan dan dinilai kemudian akumulasinya dipertimbangkan untuk ranking. Pengalaman tahun lalu keenamnya berangkat meskipun ada yang duduk diposisi 2 terbawah”. Demikian ungkap Intan Pradita, M.Hum., selaku praktisi BIPA Jogja dan juga dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) usai penyelenggaraan workshop BIPA, Kamis, 12 Mei 2016. 


Workshop BIPA sendiri diikuti oleh 6 kandidat atas nama Kinanti Tiasadi, Gebri Adinda, Mila Minhatul Maula, Ardan Firdaus, Egista Pregi, dan Siti Maryam. Adapun tamu asing (WNA) yang hadir diantaranya adalah Magdalena Dezíg dari Polandia dan  Hiroki Okti dari Jepang. Workshop juga menghadirkab praktisi nasional BIPA dari UNY atas nama Sri Sumaryani, M.A.

Workshop dimulai pada pukul 8.30 wib dengan kegiatan teaching demo oleh Intan Pradita, M.Hum, yang kemudian dilanjutkan dengan  mengajak peserta untuk menarik kesimpulan dan mengidentifikasi tentang macrofunction, microfunction, grammar focus, dan topics. 
Agenda berikutnya peserta mendapat waktu 30 menit untuk mengembangkan bahan ajar dan menyusun lesson plan sederhana  untuk teaching demo mereka berdasarkan instrumen Task Based Language Teaching oleh David Nunan.

Adapun aspek yang dinilai dari workshop tersebut adalah performance mengajar, materi yang dibawakan, interaksi kelas, dan metode mengajar.

“Workshop ini diharapkan mampu memfasilitasi siswa dalam mengajarkan BIPA ketika mereka di Melbourne ataupun saat mereka berminat untuk fokus menjadi praktisi BIPA di luar negeri”, pungkas Intan.