Magister Psikologi Profesi Ambil Sumpah 19 Lulusannya.

Program Magister Psikologi Profesi (MAPPRO) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan prosesi pengambilan sumpah terhadap 19 orang lulusannya, Sabtu, 28 Agustus 2015 di Auditorium FPSB UII. Dari sisi jumlah, pengambilan sumpah periode XXV ini bisa dikatakan sebagai pengambilan sumpah terbanyak sepanjang sejarah berdirinya MAPPRO FPSB UII.

 

Menurut ketua progam MAPPRO, Dr. H. Fuad Nashori, M.Si., Psikolog, peningkatan jumlah yang cukup mencolok (signifikan) tersebut merupakan bagian atau hasil dari program ‘Thesis Camp’ yang mulai dirintis sejak September 2014 silam.

Ketua HIMPSI Wilayah Yogyakarta, Drs. Helly P. Sutjipto, MA, dalam kesempatan tersebut kembali mengingatkan esensi sumpah yang dilakukan oleh para wisudawan. “Meskipun sumpah tersebut Anda tandatangani dengan Pak Dekan, tapi esensinya sumpah/perjanjian Anda adalah dengan Allah SWT”, ungkapnya. Lebih jauh Pak Helly mengkritisi banyaknya kesalahan berpikir di masyarakat (baca: memikirkan yang bukan urusannya/bukan bidangnya) dan juga kepemilikan ego yang kuat pada masing-masing individu yang dampaknya menimbulkan banyak permasalahan di dalam kehidpuan bermasyarakat maupun pada diri sendiri.

Sementara Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. dalam kesempatan tersebut mengkritisi banyaknya gangguan stres di Indonesia khususnya di Yogyakarta yang secara tidak langsung nantinya akan menjadi tanggung jawab para psikolog untuk melakukan intervensi/pengobatan. “Harapannya para psikolog lulusan UII nantinya akan senantiasa menyertakan nilai-nilai Islam dalam melakukan setiap pengobatan (baca: intervensi)”, ungkap pak Harsoyo.